Nyeri bahu/webmd
Health

5 Cara Mengatasi Nyeri Bahu

Ni Luh Anggela
Senin, 1 November 2021 - 18:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nyeri bahu ataupun leher seringkali menjadi masalah bagi banyak orang dan tentu kondisi ini sangat mengganggu. Terkadang kondisi ini juga disertai dengan tegang atau kaku pada bagian tertentu, bahkan menimbulkan sakit kepala.
 
Cedera kepala dan leher, stres, ketegangan otot, hingga penyakit tertentu dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri bahu ataupun leher.
 
Lalu bagaimana cara mengatasi nyeri tersebut?
 
Melalui akun Instagramnya, Senin (1/11/2021), dr Raymond Gardinier, DPT dari Lean Body & Fitness Friends membagikan lima cara yang bisa membantu Anda mengatasi nyeri bahu.

1. Ketahui lokasi nyeri

Solusi utama tergantung pada lokasi dan pelakunya. Namun, untuk sebagian besar masalah bahu yang terlalu sering digunakan, menghubungi manajemen stres, postur, pola gerakan, dan kekuatan fungsional biasanya membantu.
 
“Jempol kaki Anda bisa sakit dan masalahnya bisa berasal dari bahu Anda, mengapa penting untuk mengidentifikasi darimana masalahnya berasal,” kata Raymond.

2.  Hindari stres

Stres meningkatkan peradangan. Terlalu banyak peradangan mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk menyembuhkan rasa sakit dan nyeri yang mungkin Anda miliki.
 
“Jika Anda cukup sering berada dalam keadaan stres, sadarilah bahwa tubuh Anda tidak akan sembuh selama stres itu ada,” katanya.
 
Cobalah bermeditasi, luangkan lebih banyak waktu untuk Anda, berolahraga dengan teman, dll untuk menghindari atau mengurangi stres.

3. Perhatikan postur tubuh Anda

Perhatikan mekanika tubuh Anda saat duduk atau berdiri dan pastikan bahu Anda tetap ditarik ke belakang. Coba batasi postur punggung atas atau bahu yang membulat.
 
“Jika bahu Anda membungkuk ke depan, mungkin karena Anda duduk di meja untuk sebagian besar hari Anda. Ini dapat membuat otot Anda kesulitan bekerja dengan benar.” ungkapnya.

4. Stabilitas

Otot yang lemah sering menjadi penyebab banyak jenis nyeri bahu yang umum. Otot-otot yang paling mudah melemah adalah otot-otot punggung atas  yang mengelilingi tulang belikat. Jika otot-otot ini lemah, stabilitas bahu akan terganggu.
 
“Jika bahu Anda kurang stabil di satu area, otot di area lain akan mengencang (mekanisme pelindung) dan  sering menjadi lokasi nyeri. Perkuat barisan punggung dan bahu atas, tarikan pita, gerakan mundur, dll,” sarannya.

5. Aktif bergerak

Gerak adalah lotion dan jika Anda tidak menggunakannya, Anda akan kehilangannya. Ikuti rutinitas latihan resistensi. mulai latih otot Anda dengan gerakan fungsional yang meniru tugas dan aktivitas sehari-hari Anda.
 
“Meskipun pasti ada kemungkinan bahwa nyeri bahu Anda lebih kompleks daripada yang saya berikan di sini, harapan saya adalah bahwa hal-hal ini dapat kelegaan yang signifikan, tidak permanen.” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro