Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pandemi, Jobseeker Lebih Selektif dalam Mencari Pekerjaan

Berdasarkan riset Nielsen tentang Work From Home, karyawan yang mendapat kesempatan untuk WFH selama pandemi sudah mulai merasa nyaman dan beradaptasi dengan metode bekerja dari rumah.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 16 Desember 2021  |  16:19 WIB
Pencari kerja mendaftar di lowongan kerja - Antara
Pencari kerja mendaftar di lowongan kerja - Antara

Bisnis.com, JAKARTA— Dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, jobseeker jadi lebih berhati-hati dalam mencari pekerjaan. Mereka lebih selektif dalam mencari perusahaan yang memberikan kesempatan untuk bisa bekerja dari rumah atau remote-working.

Berdasarkan riset Nielsen tentang Work From Home, karyawan yang mendapat kesempatan untuk WFH selama pandemi sudah mulai merasa nyaman dan beradaptasi dengan metode bekerja dari rumah.

Mereka merasa memiliki kebebasan lebih dan lebih fleksibel untuk menjalani kehidupan sesuai dengan keinginan mereka tanpa terikat seperti ketika mereka masih harus berada di kantor jam 8 pagi - jam 5 sore. Mereka juga lebih merasakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan mereka di rumah (work-life balance).

“Kebanyakan perilaku karyawan saat ini adalah ketika perusahaan mereka sudah mulai menerapkan WFO (Work From Office), mereka mulai mencari kesempatan baru di perusahaan lain yang menerapkan full remote-working. Karena beberapa dari mereka masih merasa tidak aman dengan situasi pandemi jika harus kembali bekerja di kantor,” papar Talent Acquisition Specialist Niagahoster, Kiptya Nur Astari atau yang biasa dipanggil Kiki.

Belum lagi, dengan dunia yang bergerak ke era digital yang semakin advance, industri IT pun semakin menarik perhatian para jobseeker karena menawarkan bisnis yang menjanjikan di tahun 2022 menurut Forbes. “Dari proyeksi bisnis, trennya juga mulai bergerak dari healthcare dan finance menuju ke industri IT,” kata Kiki.

Perusahaan IT seperti Niagahoster kemudian memilih untuk membuat proses rekrutmen secara online. Sejak pandemi, Niagahoster sudah mulai mengubah metode rekrutmen untuk mencari talent melalui acara yang bernama Virtual Career Fair.

Kali ini, Virtual Career Fair Niagahoster kembali hadir pada 17-19 Desember 2021 dengan mengambil tema Advance Career Conference: “Reimagine Digital Industry In The Near Future”.

Dalam 3 hari acara Virtual Career Fair Niagahoster, ada webinar dengan berbagai tema yang bisa diikuti oleh peserta. Antara lain membahas tentang remote-working yang diterapkan oleh Niagahoster, memahami strategi digital marketing pasca pandemi Covid-19, dan mengenai tren industri IT di tengah pandemi, serta beberapa tema lain.

Ini merupakan kesempatan bagi orang-orang yang tertarik untuk menjadi bagian dari Niagahoster. Screening CV akan dilakukan, sehingga jika mereka lolos akan langsung diwawancara secara online setelah acara berakhir.

“Saat ini sudah ada peralihan ke offline, namun di Niagahoster sendiri masih melakukan remote-working sampai benar-benar safe,” ungkapnya.

Kiki melanjutkan, perihal statistik jam kerja antara bekerja di rumah dan langsung ke kantor tidak lah jauh berbeda di Niagahoster. Itu semua tergantung dari pilihan para karyawan.

“Ada karyawan yang lebih suka kerja di rumah tapi ada juga yang gak bisa kerja sendirian. Jadi kita bisa remote-working, tapi juga bisa mengakomodir yang kerja di kantor. Di Niagahoster dari masa sebelum pandemi pun jam kerjanya fleksibel, jadi secara statistik ga begitu beda tapi dari personal,” jelas Kiki.

Dengan adanya flexible working hour yang diterapkan di Niagahoster, para karyawan atau yang menyebut diri mereka sebagai Hoster Rangers, juga bisa menyesuaikan waktu yang bisa mereka gunakan untuk fokus bekerja tanpa melepaskan tanggung jawab sesuai fungsi masing-masing.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

job fair Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top