Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
Entertainment

Kaleidoskop 2021: 5 Film Indonesia yang Berjaya di Festival Film Internasional

Aliftya Amarilisya/Antara
Selasa, 28 Desember 2021 - 18:52
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Setelah sempat mati suri lantaran pandemi Covid-19, industri film Indonesia akhirnya bangkit kembali pada tahun 2021 ini.

Perlahan tapi pasti, sejumlah sineas pun mulai menggarap proyek-proyek film yang sempat tertunda. Beberapa di antaranya kemudian ditayangkan di bioskop dan platform OTT.

Sementara itu, film lainnya berkesempatan mengikuti berbagai kompetisi dan diputar dalam festival film internasional.

Kabar baiknya, tak sekadar dapat dinimati oleh penonton mancanegara, sejumlah film tersebut juga berjaya di kancah perfilman internasional dengan mendapat berbagai penghargaan.

Berikut adalah daftar film Indonesia yang sukses menyabet penghargaan internasional.

1. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Film yang disutradarai oleh Edwin serta diproduseri oleh Muhammad Zaidy dan Meiske Taurisia ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Eka Kurniawan.

Dibintangi oleh Marthino Lio, Ladya Cheryl, dan Sal Priadi, Seperti Dendam berkisah tentang Ajo Kawir, seorang jagoan yang tak takut mati. Impotensi yang dideritanya terus mendorongnya untuk berkelahi guna memperlihatkan bahwa ia adalah sosok yang jantan. Namun, semua itu mulai berubah saat ia bertemu dengan Iteung dan jatuh cinta kepadanya.

Lepas dari itu, sebelum tayang di bioskop di Indonesia, film ini sempat diputar dalam Locarno International Film Festival. Dalam ajang tersebut, Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas pun memenangkan penghargaan tertinggi, yakni Golden Leopard.

2. Yuni

Tak sekadar berkesempatan tayang perdana di Festival Film Internasional Busan 2021 dalam program A Window on Asian Cinema, film garapan Kamila Andini ini juga berhasil memenangkan penghargaan Platform Prize di Toronto Internasional Film Festival atau TIFF 2021.

Seperti judulnya, film yang terpilih mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar 2022 tersebut berkisah tentang Yuni, seorang remaja cerdas yang bercita-cita ingin kuliah.

Namun, pada suatu hari, Yuni dilamar oleh seorang pría yang tidak ia kenal. Ia yang menolak lamaran tersebut lantas menjadi bahan pembicaraan orang-orang di sekitarnya.

Singkat cerita, sebuah mitos, yakni perempuan yang menolak tiga lamaran tidak akan pernah menikah tiba-tiba menghantuinya. Tekanan yang dirasakan Yuni lalu semakin besar saat datang lelaki ketiga yang ingin memperistrinya. Ia pun menjadi bimbang, apakah harus memercayai mitos atau mengejar mimpinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro