Seorang warga mengikuti tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) secara Drive Thru di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (26/10/2021). /Antara Foto-Muhammad Iqbal/wsj.rn
Health

Penting ! Begini Cara Mengetahui Anda Terinfeksi Varian Omicron atau Bukan

Ni Luh Anggela
Senin, 24 Januari 2022 - 10:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pertanyaan mengenai apakah varian Omicron dapat terdeteksi setelah melakukan pemeriksaan melalui PCR atau tes antigen kian santer terdengar. Pasalnya, beberapa kabar yang beredar menyebutkan bahwa PCR atau tes antigen tidak dapat mendeteksi varian Omicron.

Lantas, bagaimana fakta sebenarnya?

Edukator kesehatan sekaligus dokter umum Adam Prabata menuturkan, PCR dan tes antigen mampu mendeteksi Covid-19. Akan tetapi, alat ini tidak bisa membedakan variannya.

“PCR dan tes antigen tetap mampu mendeteksi Covid-19 akibat Omicron. Tetapi, PCR dan antigen tidak dapat digunakan untuk mengetahui pasti varian Covid-19 apa yang menginfeksi kita,” tulis Adam, mengutip akun Instagram miliknya, Senin (24/1/2022).

Merujuk pada Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 Tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 Varian Omicron (B.1.1.529), kasus probable varian Omicron ditentukan dengan hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan positif S-Gene Target Failure (SGTF) atau uji deteksi Single Nucleotide Polymorphism (SNP) berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR) mengarah ke varian Omicron.

SGTF adalah situasi dimana gen S pada varian Omicron tidak terdeteksi oleh PCR karena adanya mutasi, namun gen lainnya terdeteksi. Sedangkan WGS untuk Covid-19 adalah prosedur laboratorium untuk mengurutkan keseluruhan susunan materi genetik (RNA) dari SARS-CoV-2.

“Melalui WGS, varian SARS-CoV-2 yang menginfeksi seseorang dapat ditentukan, bahkan metode ini dapat menemukan bila ada varian baru,” katanya.

Sementara, untuk menentukan seseorang terkonfirmasi varian Omicron, akan ditentukan dengan hasil pemeriksaan sekuensing positif Omicron SARS-CoV-2 atau Whole Genome Sequencing (WGS).

Kemudian, jika Anda bertanya-tanya apakah varian Omicron bisa dibedakan melalui gejala, jawabannya adalah tidak bisa. Sebab, menurut Adam, gejala Covid-19 akibat varian Omicron relatif sama dengan varian lainnya.

Oleh karena itu, katanya, pemeriksaan WGS tetap diperlukan untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi varian Omicron atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro