Ilustrasi/Pexels.com
Fashion

Mengapa Perayaan Tahun Baru Imlek Identik dengan Warna Merah?

Newswire
Selasa, 1 Februari 2022 - 12:10
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Tepat pada Selasa (1/2/2022) ini, Tahun Baru China atau Hari Raya Imlek tiba. Masyarakat keturunan Tionghoa pun tengah bersuka-cita menyambutnya dengan berkumpul bersama keluarga.

Tak ketinggalan, dekorasi perayaan Imlek dengan warna merah pun turut menghiasi berbagai sudut rumah, bahkan suatu kota. Namun, mengapa sih, penggunaan warna merah di sini begitu mendominasi?

Dalam budaya Tiongkok, suatu warna pada dasarnya memainkan peran penting lantaran merupakan bagian dari budaya yang sudah terbentuk selama ribuan tahun. Begitu pula dengan warna merah dalam perayaan Tahun Baru Imlek ini.

Sebagaimana dijelaskan dalam prestigeonline, masyarakat China menganggap merah sebagai warna yang mendatangkan keberuntungan. Tak hanya itu, warna yang berasal dari Han, kelompok etnis dominan di Tiongkok ini juga melambangkan vitalitas, perayaan, dan kemakmuran.

Nah, oleh karena itu, selama Tahun Baru Imlek, orang-orang akan memakai pakaian merah dengan tujuan meningkatkan keberuntungan dan mengusir roh jahat.

Selain itu, warna merah ini juga ditemukan pada atribut dan aksesoris lainnya, seperti lentera, spanduk, potongan kertas, dan amplop merah atau yang terkenal dengan nama angpao.

Meski begitu, ada pula warna lain yang seringkali ditemukan dalam perayaan Tahun Baru Imlek, seperti kuning dan hijau.

Diketahui, warna-warna itu berasal dari Teori Lima Elemen Cina, di mana merah mewakili api, kuning menunjukkan tanah, hijau atau biru menandakan kayu, putih melambangkan logam, dan hitam menunjukkan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro