Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jam Tangan Tokoh Dunia, Begini Gaya dan Karakternya

Cukup mengejutkan bahwa salah satu jam tangan yang sering digunakan oleh Presiden negara adidaya hanya berharga sekitar US$100 USD atau Rp1,4 jutaan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 27 Februari 2022  |  00:20 WIB
Pilot's Watch Chronograph Edition AMG adalah jam tangan chronograph 43mm pertama IWC yang menampilkan kaliber 69385 buatan IWC, serta chronograph jam tangan pilot pertama dengan casing terbuat dari titanium yang sangat ringan dan tahan gores.  - Mercedes
Pilot's Watch Chronograph Edition AMG adalah jam tangan chronograph 43mm pertama IWC yang menampilkan kaliber 69385 buatan IWC, serta chronograph jam tangan pilot pertama dengan casing terbuat dari titanium yang sangat ringan dan tahan gores. - Mercedes

Bisnis.com, JAKARTA —  Kesuksesan seringkali identik dengan kehidupan glamor seperti jam tangan mahal, mobil mewah, perhiasan mewah dan sebagainya. Namun, bagi tokoh-tokoh tertentu, sesuatu yang paling bermakna dan tak ternilai bahkan dikomunikasikan secara sederhana apa adanya.

Hal ini terlihat dari jam tangan yang sering mereka pakai. Sejumlah tokoh dunia bahkan tak segan mengenakan jam tangan yang terkesan biasa-biasa saja dan sering dipakai oleh masyarakat pada umumnya. Bahkan ada yang harganya tak sampai Rp1 juta.

Siapa saja mereka? Berikut telah Bisnis rangkum seperti disampaikan oleh CEO Radatime Hendra Kesuma yang sekaligus menjabarkan berbagai karakter dari pengguna jam tangan tersebut.

  1. Joe Biden

Presiden Amerika Serikat yang baru dilantik di tahun 2021 sering terlihat menggunakan jam tangan merek Seiko 7T32-6M90 Chronograph. Menariknya mesin pada jam Seiko ini adalah generasi tahun 1980an. Cukup mengejutkan bahwa salah satu jam tangan yang sering digunakan oleh Presiden negara adidaya hanya berharga sekitar US$100 USD atau Rp1,4 jutaan. Fitur utama jam tangan Seiko ini adalah stopwatch, alarm dan tanggal.

Hendra mengatakan, karakter yang bisa diasumsi dari pemakai jam tangan ini adalah suka mengembangkan ide yang terlihat dari pilihan mode chronograph; bahan rantai logam yang berkorelasi dengan pemikiran orientasi jangka panjang; dial putih identik dengan transparansi atau menghargai kejujuran; serta kerendahan hati walaupun memiliki standar yang tinggi, terlihat dari pilihan warna two-tone gold dan silver.

  1. Steve Jobs

Steve Jobs merupakan sang legenda yang juga the late Co-Founder, Chairman dan CEO dari Apple Inc. Estetika minimalis dan kualitas merupakan keunggulan utama yang selalu diperjuangkan oleh mendiang Steve Jobs.

Jam tangan yang sering berada di pergelangan tangannya adalah merek Seiko Chariot dengan kisaran harga US$180. (sekitar Rp2,5 juta).  Steve Jobs tak segan menggunakan jam tangan yang biasa dipakai oleh masyarakat umum. Padahal, estimasi kekayaannya di tahun 2011 saat Steve Jobs meninggal adalah US$10,2 miliar (sekitar Rp150 triliun)

Menurut Hendra, karakter yang bisa diasumsi dari pemakai jam tangan ini adalah sosok yang to-the-point serta perfeksionis, terbaca dari pilihan tiga hands movement yang dilengkapi indeks angka.

“Bahan kulit mencerminkan selera yang tinggi dan menyukai hal natural, kejujuran dari orang di sekitarnya adalah hal utama, dan ini tercermin dari pilihan dial berwarna putih,” ujarnya.

  1. Bill Gates

Berada di urutan nomor 4 terkaya di dunia versi Forbes, sangat mudah bagi Bill Gates untuk memiliki jam tangan termahal manapun. Menariknya, jam tangan yang dipakai jauh dari harga yang ekstrem mahal. Salah satu jam tangan favorit beliau adalah jam merek Casio Duro dengan kisaran harga ritel di US$70 (sekitar Rp980.000). Padahal, nilai kekayaannya per tanggal 24 Februari 2022 adalah US$126.5 Milyar (sekitar Rp 1.771 triliun)

Hendra menjelaskan bahwa karakter yang bisa diasumsi dari pemakai jam tangan ini adalah penyuka tantangan, ini terlihat dari pilihan jam bernuansa sport, mengutamakan ketangguhan namun dengan cara yang praktis.

“Hal ini tersirat dari pilihan tali berbahan jenis karet. Penggunanya juga rendah hati terlihat dari pemilihan warna plain silver, serta sosok yang lebih mengutamakan fungsi di atas estetika yang terlihat dari visual yang dominan di dial dan bezel,” ungkapnya.

  1. Li Ka Shing

Berdasarkan sumber dari forbes.com, Li Ka Shing memiliki nilai kekayaan sebesar US$32,2 miliar (sekitar Rp 450 triliun) per tanggal 24 Februari 2022. Li Ka Shing merupakan seorang konglomerat asal Hong Kong dengan julukan ‘Superman’. Kepiawaian beliau sebagai deal maker dalam bisnis membawanya ke puncak jajaran orang terkaya di Asia.

Menariknya, di pergelangan tangan beliau seringkali terlihat jam tangan yang menandakan waktu adalah prioritas tinggi di kehidupannya. Jam tangan yang dipakai juga jauh dari sebutan glamor yaitu Citizen Eco-Drive Attesa ATD53-3051 (black titanium) dengan kisaran harga US$500 (sekitar Rp7 juta).

Karakter yang bisa diasumsi dari pemakai jam tangan ini adalah efisiensi dan pembuat keputusan yang cepat, tersirat dari pilihan jarum jam dan indeks yang minimalis.

“Selain itu, mereka memiliki pemikiran orientasi jangka panjang terlihat dari pilihan rantai jam berbahan logam. Warna hitam menyiratkan kontrol, kekuasaan dan menyukai privasi. Kolom tanggal yang jelas menandakan detil dalam mengelola jadwal,” terang Hendra.

Menurutnya, ada dua hal yang menyebabkan para tokoh-tokoh dunia di atas memilih jam tangan yang tidak berharga fantastis. Pertama, pemahaman atas kemurnian dari fungsi jam tangan.

“Tokoh-tokoh di atas sangat memahami penggunaan fungsi fundamental jam tangan untuk menunjang pencapaian di hidup mereka. Distraksi seperti harga yang overprice atau daya tarik glamor yang menurut mereka tidak dibutuhkan bukan menjadi dasar keputusan pemilihan jam tangan,” jelasnya.

Kedua, penyesuaian yang cocok antara karakter pemakai dengan jam tangan. Jam tangan yang cocok dan bermakna tidak harus selalu mahal. Melainkan terkait dengan kenyamanan baik dari nilai intrinsik, orisinalitas, jiwa dari merek, visual hingga perasaan selama mengenakan jam tangan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fashion jam tangan
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top