Depresi/cadasorg
Relationship

10 Cara Menghapus Rasa Penyesalan, Agar Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 6 Maret 2022 - 18:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semua orang punya penyesalan. Tapi berbeda kadarnya.

Tapi, tahukah Anda jika penyesalan itu merampas kebahagiaan Anda?

Berikut Sepuluh Cara Ini untuk Melepaskan Penyesalan dari Dr Gregory Jantz dilansir dari Psychology Today :

1. Bertekad untuk tidak hidup di masa lalu

Penyesalan membuat kita terjebak di masa lalu saat kita meratapi kegagalan dan kehilangan peluang. Kami merenungkan apa yang mungkin terjadi dan kehilangan kegembiraan hidup hari ini ketika kami dihantui oleh kegagalan kemarin.

2. Jangan terpaku pada kesalahan Anda

Memikirkan kesalahan seperti meletakkannya di bawah mikroskop, yang mendistorsi kenyataan dan membuat segalanya tampak lebih besar dari yang sebenarnya.

3. Maafkan dirimu sendiri

Sadari bahwa penyesalan adalah bentuk tidak memaafkan diri sendiri. Mungkin lebih mudah memaafkan orang lain daripada diri sendiri. Tetapi melepaskan diri dari rasa bersalah dan malu adalah kunci untuk bergerak melampaui penyesalan.

4. Berusaha untuk menerima diri sendiri

Anda telah membuat kesalahan, mungkin kesalahan yang buruk, tetapi itu tidak berarti Anda ditentukan oleh kesalahan itu. Terimalah bahwa Anda manusia dan tidak ada gunanya mengingat kembali kesalahan Anda berulang-ulang.

5. Sadarilah bahwa Anda tidak sendirian

Setiap orang berada di suatu tempat dalam perjalanannya sendiri untuk mencari tahu bagaimana menghadapi bagaimana-jika yang merupakan bagian tak terhindarkan dari kehidupan.

6. Buatlah pikiran Anda bekerja untuk Anda

Pembicaraan diri Anda adalah suara yang kuat. Sengaja mengganti pikiran negatif Anda dengan yang positif.

7. Sadarilah bahwa penyesalan merampas energi positif Anda

Bergulat dengan rasa sakit dan kemarahan setiap hari membutuhkan banyak energi yang berharga. Itu membuat Anda kehilangan waktu tidur, merampas kedamaian dan tawa Anda, dan membebani otot Anda dengan ketegangan yang konstan.

8. Mengidentifikasi pelajaran yang dipetik

Hampir setiap pengalaman sulit atau menyenangkan mengajarkan kita sesuatu. Wawasan apa yang dapat Anda temukan yang akan memungkinkan Anda menghindari masalah di lain waktu?

9. Putuskan untuk mengatasinya

Penyesalan tidak pergi dengan sendirinya. Proses penyembuhan membutuhkan perhatian dan tindakan yang terarah. Tidak perlu lagi terbebani. Ambil langkah-langkah untuk mencapai kedamaian batin.

10. Maafkan

Penyesalan memiliki cara untuk membesarkan kepala jelek mereka setelah Anda pikir Anda akan menjatuhkannya untuk selamanya. Setelah Anda mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kesalahan masa lalu dan akibatnya, tinggalkan mereka. Jangan biarkan penyesalan kembali menguasai hidup Anda. Lanjutkan dengan awal yang baru.

Memahami toksisitas penyesalan membantu membawa kesadaran dan memungkinkan Anda memilih untuk sembuh. Membawa penyesalan dapat membebani jiwa Anda dan mengikis kesehatan fisik Anda. Saat Anda berusaha melepaskan perasaan berat, berusahalah untuk mengimbangi kemarahan, ketakutan, dan rasa bersalah dengan optimisme, harapan, dan kegembiraan. Latihan-latihan berikut akan memperkenalkan Anda dengan prinsip-prinsip manusia seutuhnya untuk mendapatkan kembali kehidupan yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro