Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cukup Asupan Serat Cegah Anda Terkena Stroke

University of Leeds menemukan bahwa mereka yang makan makanan berserat tinggi mengalami risiko lebih rendah terkena stroke pertama kali.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 Maret 2022  |  08:12 WIB
Stroke - webmd.com
Stroke - webmd.com

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa faktor risiko utama stroke bisa Anda hindari melalui pola makan sehat. 

Pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan peluang Anda terkena stroke karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol. Ada sekitar 1,3 juta penderita stroke di Inggris, dan gejala Anda akan tergantung pada bagian otak Anda yang terpengaruh dan tingkat kerusakannya.

University of Leeds menemukan bahwa mereka yang makan makanan berserat tinggi mengalami risiko lebih rendah terkena stroke pertama kali.

Pedoman pemerintah yang diterbitkan pada Juli 2015 mengatakan asupan serat makanan kita harus meningkat menjadi 30g sehari, sebagai bagian dari diet seimbang yang sehat.

Karena kebanyakan orang dewasa hanya makan rata-rata sekitar 18g sehari, kita perlu menemukan cara untuk meningkatkan asupan kita.

Studi Universitas menunjukkan bahwa peningkatan tujuh gram serat makanan per hari dikaitkan dengan penurunan tujuh persen risiko stroke pertama kali.

Para peneliti menganalisis, dan menggabungkan hasil dari, delapan studi yang diterbitkan antara tahun 1990 dan 2012.

“Sebagian besar dari kita perlu makan lebih banyak serat dan memiliki lebih sedikit gula tambahan dalam makanan kita. Makan banyak serat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan kanker usus yang lebih rendah," demikian penjelasan NHS dilansir dari Express.

Karena itu, menurut mereka, sangat penting untuk mendapatkan serat dari berbagai sumber, karena makan terlalu banyak satu jenis makanan mungkin tidak memberi Anda diet seimbang yang sehat.

The Stroke Association mencatat, makanan yang tinggi serat membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah Anda, jadi ketika memilih makanan bertepung, pilihlah sereal gandum utuh, beras merah, atau biji-bijian seperti gandum utuh.

Sedangkan diet yang tidak sehat dapat meningkatkan peluang Anda terkena stroke karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol Anda.

British Heart Foundation memperingatkan serat tidak hanya untuk pencernaan, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan berserat stroke makanan sehat penyakit stroke
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top