Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Cara Mudah Mengurangi Risiko Kanker

Berolahraga secara teratur, makan sayuran, dan mengurangi alkohol adalah tindakan melawan kanker, dan umumnya kunci untuk hidup lebih lama.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 08 Maret 2022  |  09:42 WIB
Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga - Freepik.com
Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA — Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu Anda mengurangi risiko 12 jenis kanker yang umum dan dapat dicegah.

American Cancer Society (ACS) melaporkan bahwa Anda dapat secara signifikan menurunkan risiko Anda dengan mengambil beberapa kebiasaan sehat.

Berolahraga secara teratur, makan sayuran, dan mengurangi alkohol adalah tindakan melawan kanker, dan umumnya kunci untuk hidup lebih lama. Berikut 8 cara mudah untuk mengurangi risiko kanker, dilansir dari Do Something:

1. Lakukan skrining secara teratur

Coba skrining memeriksa kanker bahkan sebelum menunjukkan gejala, karena semakin cepat semakin baik. Jika diketahui cukup dini, massa kanker bisa lebih kecil dan lebih mudah diobati. Rekomendasi skrining untuk berbagai jenis kanker bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelamin, bicarakan dengan dokter Anda.

2. Tinggalkan kebiasaan merokok

Merokok menyebabkan sekitar 1 dari 5 kematian di Amerika Serikat, penting untuk diingat bahwa tidak ada bentuk tembakau yang aman. Hindari untuk mengurangi risiko sekitar selusin jenis kanker yang berbeda. Jadi buang rokok, tembakau, bahkan vape, dan tubuh Anda akan terasa lebih baik.

3. Batasi penggunaan alkohol

Membatasi asupan alkohol mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker mulut, tenggorokan, usus besar, dan hati. American Cancer Society merekomendasikan tidak lebih dari satu minuman sehari untuk wanita dan dua minuman untuk pria (perbedaannya tergantung pada ukuran tubuh dan metabolisme).

4. Menjaga berat badan yang sehat

Sebagai permulaan, cari tahu indeks massa tubuh Anda untuk melihat apakah berat badan Anda meningkatkan risiko terkena kanker. Turunkan risiko Anda untuk beberapa bentuk kanker (termasuk kanker payudara pada wanita di atas 50 tahun) dengan menjaga berat badan yang sehat. Jika Anda ingin menurunkan atau menambah berat badan dengan cara yang sehat, coba lakukan secara rutin.

5. Tetap bergerak

Olahraga tidak hanya membantu mengontrol berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan kadar hormon dan fungsi sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi risiko kanker tertentu. Tidak perlu pergi ke tingkat olahraga yang sulit, melakukan hal-hal secara teratur untuk memompa jantung Anda sudah cukup. Direkomendasikan 150 menit olahraga tingkat sedang setiap minggu untuk orang dewasa.

6. Hindari berjemur di bawah sinar matahari

Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan fakta bahwa matahari secara harfiah memancarkan radiasi ke arah kita setiap hari, dan ketika dibiarkan tanpa pelindung, kulit kita menyerap semuanya. Sebagian besar kanker kulit disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan, jadi lindungi kulit Anda setiap kali Anda pergi ke luar, tidak peduli berapa lama.

7. Makan sayuran dan makanan menyehatkan lainnya

Konsumsi buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak, sambil membatasi daging merah dan olahan untuk mengurangi risiko kanker seperti kanker kolorektal, pankreas, dan perut. Direkomendasikan 2,5 cangkir sayuran dan buah-buahan sehari untuk makanan yang kaya nutrisi.

8. Kenali diri Anda dan ketahui risiko Anda

Ingatlah untuk mempertimbangkan faktor-faktor di luar diri Anda. Bagaimanapun, riwayat kanker keluarga Anda juga dapat memberi tahu Anda tentang risiko Anda sendiri dan membantu Anda mengetahui pemeriksaan apa yang harus diprioritaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker kanker payudara kanker serviks kanker paru-paru kanker darah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top