Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga/Freepik.com
Health

8 Cara Mudah Mengurangi Risiko Kanker

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 8 Maret 2022 - 09:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu Anda mengurangi risiko 12 jenis kanker yang umum dan dapat dicegah.

American Cancer Society (ACS) melaporkan bahwa Anda dapat secara signifikan menurunkan risiko Anda dengan mengambil beberapa kebiasaan sehat.

Berolahraga secara teratur, makan sayuran, dan mengurangi alkohol adalah tindakan melawan kanker, dan umumnya kunci untuk hidup lebih lama. Berikut 8 cara mudah untuk mengurangi risiko kanker, dilansir dari Do Something:

1. Lakukan skrining secara teratur

Coba skrining memeriksa kanker bahkan sebelum menunjukkan gejala, karena semakin cepat semakin baik. Jika diketahui cukup dini, massa kanker bisa lebih kecil dan lebih mudah diobati. Rekomendasi skrining untuk berbagai jenis kanker bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelamin, bicarakan dengan dokter Anda.

2. Tinggalkan kebiasaan merokok

Merokok menyebabkan sekitar 1 dari 5 kematian di Amerika Serikat, penting untuk diingat bahwa tidak ada bentuk tembakau yang aman. Hindari untuk mengurangi risiko sekitar selusin jenis kanker yang berbeda. Jadi buang rokok, tembakau, bahkan vape, dan tubuh Anda akan terasa lebih baik.

3. Batasi penggunaan alkohol

Membatasi asupan alkohol mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker mulut, tenggorokan, usus besar, dan hati. American Cancer Society merekomendasikan tidak lebih dari satu minuman sehari untuk wanita dan dua minuman untuk pria (perbedaannya tergantung pada ukuran tubuh dan metabolisme).

4. Menjaga berat badan yang sehat

Sebagai permulaan, cari tahu indeks massa tubuh Anda untuk melihat apakah berat badan Anda meningkatkan risiko terkena kanker. Turunkan risiko Anda untuk beberapa bentuk kanker (termasuk kanker payudara pada wanita di atas 50 tahun) dengan menjaga berat badan yang sehat. Jika Anda ingin menurunkan atau menambah berat badan dengan cara yang sehat, coba lakukan secara rutin.

5. Tetap bergerak

Olahraga tidak hanya membantu mengontrol berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan kadar hormon dan fungsi sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi risiko kanker tertentu. Tidak perlu pergi ke tingkat olahraga yang sulit, melakukan hal-hal secara teratur untuk memompa jantung Anda sudah cukup. Direkomendasikan 150 menit olahraga tingkat sedang setiap minggu untuk orang dewasa.

6. Hindari berjemur di bawah sinar matahari

Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan fakta bahwa matahari secara harfiah memancarkan radiasi ke arah kita setiap hari, dan ketika dibiarkan tanpa pelindung, kulit kita menyerap semuanya. Sebagian besar kanker kulit disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan, jadi lindungi kulit Anda setiap kali Anda pergi ke luar, tidak peduli berapa lama.

7. Makan sayuran dan makanan menyehatkan lainnya

Konsumsi buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak, sambil membatasi daging merah dan olahan untuk mengurangi risiko kanker seperti kanker kolorektal, pankreas, dan perut. Direkomendasikan 2,5 cangkir sayuran dan buah-buahan sehari untuk makanan yang kaya nutrisi.

8. Kenali diri Anda dan ketahui risiko Anda

Ingatlah untuk mempertimbangkan faktor-faktor di luar diri Anda. Bagaimanapun, riwayat kanker keluarga Anda juga dapat memberi tahu Anda tentang risiko Anda sendiri dan membantu Anda mengetahui pemeriksaan apa yang harus diprioritaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro