Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bukan Hanya untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit, Berikut 6 Manfaat dari Kolagen

Kolagen adalah protein yang bertanggung jawab untuk kesehatan sendi dan elastisitas kulit, atau kelenturan. Itu ada di tulang, otot, dan darah Anda, terdiri dari tiga perempat kulit Anda dan sepertiga protein dalam tubuh Anda.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Maret 2022  |  12:06 WIB
Manfaat kolagen untuk kesehatan
Manfaat kolagen untuk kesehatan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki kulit yang sehat dan awet muda adalah impian setiap manusia terutama kaum wanita.

Oleh sebab itu tak jarang dari kita berani merogoh kocek yang tak sedikit hanya untuk sekedar membeli skincare, body care atau untuk menjalani perawatan tubuh, tak terkecuali membeli supplement untuk mendukungnya.

Salah satu suplemen untuk kesehatan dan kecantikan kulit adalah yang mengandung kolagen.

Melansir webmd, kolagen adalah protein yang bertanggung jawab untuk kesehatan sendi dan elastisitas kulit, atau kelenturan. Itu ada di tulang, otot, dan darah Anda, terdiri dari tiga perempat kulit Anda dan sepertiga protein dalam tubuh Anda.

Seiring bertambahnya usia, kolagen yang ada rusak, dan semakin sulit bagi tubuh Anda untuk memproduksi lebih banyak. Akibatnya, banyak orang beralih ke suplemen kolagen. Suplemen ini biasanya berbentuk bubuk, meskipun ada juga kapsul dan suplemen cair yang tersedia.

Kolagen juga diproduksi secara alami di dalam tubuh dengan menggabungkan asam amino, bahan penyusun protein yang ditemukan dalam makanan. Untuk memproduksi kolagen, tubuh Anda membutuhkan:

Prolin: ditemukan dalam putih telur, susu, kubis, jamur, dan asparagus
Glycine: ditemukan di kulit babi, kulit ayam, dan gelatin, dan berbagai makanan kaya protein lainnya
Vitamin C: ditemukan dalam buah jeruk dan paprika
Seng: ditemukan dalam daging sapi, domba, babi, kerang, buncis, lentil, kacang-kacangan, susu, keju, dan berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian
Tembaga: ditemukan dalam daging organ, bubuk kakao, kacang mete, biji wijen, dan lentil.

Berikut beberapa manfaat dari kolagen :

1. Tulang Lebih Kuat

Seiring bertambahnya usia, tulang Anda menjadi kurang padat dan lebih rapuh, lebih mudah patah dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen kolagen harian dapat membantu membuat tulang Anda lebih padat, memperlambat proses penuaan yang membuat mereka rapuh dan membantu tubuh Anda untuk menghasilkan tulang baru.

2. Elastisitas dan Hidrasi Kulit

Suplemen kolagen oral telah terbukti meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit untuk orang tua. Mereka mungkin juga membantu mengurangi kerutan.

3. Rambut Lebih Tebal

Sementara lebih banyak pria mengalami kebotakan, banyak wanita juga mengalami kerontokan atau penipisan rambut seiring bertambahnya usia. Dalam sebuah penelitian, sekelompok wanita dengan rambut menipis mengalami peningkatan yang signifikan dalam jumlah, cakupan kulit kepala, dan ketebalan saat mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari.

4. Kuku Lebih Sehat

Beberapa kuku orang lebih mudah patah daripada yang lain, dan tidak tumbuh dengan cepat. Satu studi pada sekelompok wanita menunjukkan pertumbuhan kuku yang lebih cepat dan lebih sedikit kuku yang patah atau terkelupas setelah hanya empat minggu mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari.

5. Mengurangi Nyeri Osteoarthritis

Untuk orang dengan osteoarthritis lutut, suplemen kolagen oral dapat bertindak sebagai pereda nyeri ringan dan meningkatkan fungsi sendi. Mungkin diperlukan sekitar tiga hingga lima bulan perawatan setiap hari sebelum Anda melihat peningkatan ini.

6. Peningkatan Massa Otot

Kombinasi suplemen peptida kolagen dan latihan kekuatan berpotensi membantu meningkatkan massa dan kekuatan otot.

Di tahun belakangan ini banyak sekali muncul brand supplement jenis minuman kolagen yang sangat bersaing menyuarakan produk dengan manfaat memberikan penggunanya kulit yang lebih muda dari usianya, salah satunya adalah HEZEL.

HEZEL adalah brand baru yang terjun dalam dunia kecantikan dan perawatan tubuh ditahun 2020, dengan produk pertamanya yaitu Glutacolla minuman kolagen dengan rasa stroberi.

Raisa selaku Owner HEZEL memaparkan manfaat kolagen bukan hanya membuat kulit menjadi lebih lembab, mengurangi kerutan, mengatasi jerawat, mengurangi rambut rontok, membuat kuku jadi lebih sehat.

Terkait produk Glutacolla, katanya, mengandung 5000 mg collagen tripeptide disetiap sachetnya (tripeptide: collagen yang terdiri dari 3 rantai asam amino yang kecil dan sangat mudah terserap oleh tubuh yang bekerja sangat maksimal).

Glutacolla juga mengandung L-Glutathione yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, dan juga memelihara Kesehatan kulit.

"Glutacolla juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi tentunya dengan takaran yang sesusai untuk menjaga keseimbangan imun tubuh, apalagi di masa pandemi seperti sekarang, dimana kesehatan dan keseimbangan imun tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan kita dari COVID-19,"  ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit kering kulit perawatan kulit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top