Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Bagian Tubuh yang Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Tetapi jika kita mengikuti saran para ahli, hanya ada tiga bagian tubuh yang perlu dibersihkan secara teratur sebagai berikut
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Maret 2022  |  16:07 WIB
Ilustrasi ketiak -
Ilustrasi ketiak -

Bisnis.com, JAKARTA - Mandi setiap hari adalah masalah kebersihan pribadi.

Menjaga diri Anda tetap bersih dapat membantu menangkal beberapa penyakit; tetapi menurut beberapa laporan, menggosok diri sendiri setiap hari mungkin tidak diperlukan.

Mandi berlebihan dapat menghilangkan bakteri sehat, membuat kulit terlihat kering, pecah-pecah, gatal dan iritasi.

Apakah Anda memilih untuk mandi setiap hari atau tidak, itu sepenuhnya terserah Anda. Tetapi jika kita mengikuti saran para ahli, hanya ada tiga bagian tubuh yang perlu dibersihkan secara teratur sebagai berikut seperti dilansir dari Times of India :

1. Ketiak

Jika Anda banyak berkeringat, tubuh Anda akan menghasilkan bau yang tidak sedap akibat penumpukan bakteri pada kulit. Pertumbuhan bakteri paling tinggi di lipatan kulit seperti ketiak. Ini akan membuat ketiak Anda sangat bau dan menyebabkan gatal-gatal dan peradangan. Membersihkan ketiak Anda dengan sabun dan air setiap hari akan membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhannya. Ini akan mengurangi risiko masalah kulit dan membuat bau Anda harum.

2. Selangkangan

Bahkan jika Anda memilih untuk tidak mandi setiap hari, Anda perlu membersihkan area selangkangan dan mengganti pakaian dalam setiap hari. Kulit dan rambut yang terlipat di sekitar alat kelamin dapat menampung jutaan bakteri berbahaya, yang menyebabkan infeksi dan bau. Ini juga dapat menempatkan Anda pada risiko mengembangkan penyakit serius. Membersihkan bagian pribadi Anda dengan air hangat dan sabun dapat menjaga kulit sensitif tetap lembut dan bebas keringat.

3. Kaki

Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling diabaikan, terutama dalam hal kebersihan. Orang sering melompat ke kamar mandi, menggosok seluruh tubuh dan tidak memikirkan kaki karena mereka menganggap air, yang akhirnya turun, dapat melakukan pekerjaan itu. Tapi kaki Anda membutuhkan perhatian lebih dari itu. Ini adalah area umum di mana keringat Anda menumpuk, terutama jika Anda memakai kaus kaki sepanjang hari. Membersihkannya setiap hari dapat membantu mencegah bau.

Bagian tubuh lain yang perlu dibersihkan

Tentu saja, ketika kita mandi, kita mencoba mengoleskan sabun ke setiap bagian tubuh dan menggosoknya dengan baik. Tetapi beberapa bagian tubuh memerlukan perawatan ekstra dan saat mandi, Anda perlu membersihkannya dengan benar. Selain ketiak, selangkangan, dan kaki, berikut beberapa bagian tubuh yang dianggap sebagai tempat bersarangnya bakteri:

Di bawah kuku

Di belakang telinga

Pusar

Bagian belakang lehermu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebersihan air bersih bersih handuk
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top