Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hay Fever dan Eksim Berkaitan dengan Jenis Gangguan Kejiwaan dan Mental?

Sebuah badan penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Brain Behavior and Immunity, menemukan bahwa orang dengan kondisi terkait alergi lebih mungkin menderita gangguan kejiwaan.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 13 April 2022  |  20:13 WIB
Ilustrasi kulit merah
Ilustrasi kulit merah

Bisnis.com, JAKARTA – Hay Fever adalah respons alergi terhadap alergen luar ruangan yang ditandai dengan hidung gatal, tersumbat, dan berair.

Kondisi tersebut, yang biasanya menyerang saat suhu naik, telah dikaitkan dengan sejumlah gangguan kejiwaan. Tetapi para ilmuwan terus memperdebatkan apakah hubungan antara gangguan itu kausal.

Hay fever, yang digambarkan oleh banyak orang sebagai gangguan, menimpa satu dari empat orang di Inggris setiap tahun. Sebelumnya telah ditunjukkan bahwa orang-orang ini lebih mungkin menderita kondisi lain yang didorong oleh alergi, seperti asma, eksim, dan alergi makanan. Tetapi penelitian terpisah menunjukkan bahwa mereka mungkin juga berisiko lebih besar mengalami gangguan kejiwaan.

Sebuah badan penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Brain Behavior and Immunity, menemukan bahwa orang dengan kondisi terkait alergi lebih mungkin menderita gangguan kejiwaan.

Temuan menunjukkan asma, rinitis alergi (hay fever), dan dermatitis atopik (eksim), yang disebut sebagai tiga As  dapat dikaitkan dengan risiko gangguan kejiwaan yang lebih besar.

Tampaknya ada peningkatan insiden depresi, skizofrenia, dan kecemasan di antara orang-orang dengan eksim.

Alergi lain seperti asma dan demam, bagaimanapun, dikaitkan dengan skizofrenia, depresi dan bipolar.

Penelitian, yang mengamati kohort lebih dari 46.000 orang, menemukan bahwa 10,8 persen orang dengan penyakit alergi mengembangkan gangguan kejiwaan selama periode 15 tahun.

Studi ini diluncurkan setelah penulis utamanya melihat pasiennya yang menderita salah satu dari tiga A juga menunjukkan tanda-tanda kegelisahan emosional.

Dokter Nian-Sheng Tzeng, mengatakan: “Sebagai seorang dokter, saya mengamati bahwa beberapa pasien dengan tiga A tampaknya menderita secara emosional - yang berperan dalam alergi umum dan gangguan kejiwaan.

“Kami ingin membiarkan dokter yang merawat pasien dengan penyakit alergi tahu bahwa risiko mereka untuk penyakit kejiwaan mungkin lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit kulit gatal kesehatan mental
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top