Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Jaga Nutrisi dan Kesehatan Anda di Bulan Ramadan

Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa strategi agar tubuh Anda tetap memiliki nutrisi dan tetap sehat, dan tetap lancar dalam menjalankan puasa.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 15 April 2022  |  07:35 WIB
Ilustrasi seorang pria sedang membaca niat puasa - Freepik
Ilustrasi seorang pria sedang membaca niat puasa - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Di masa pandemi, akan menjadi penting bagi Anda untuk tetap menjaga nutrisi walaupun sedang berpuasa.

Tentunya hal ini perlu Anda perhatikan dengan baik, mengingat bahwa Anda hanya dapat mengisi asupan makan saat berpuasa dan pada saat sahur.

Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa strategi agar tubuh Anda tetap memiliki nutrisi dan tetap sehat, dan tetap lancar dalam menjalankan puasa.

Dr. Dana Ryan yakni selaku Director, Sports Performance, Nutrition and Education, Herbalife Nutrition dalam webinar nutrition talk menjelaskan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat.

1. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah untuk mengonsumi makanan penuh nutrisi. Dengan memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan, maka juga akan membantu pemeliharaan tubuh secara alami.

Untuk opsinya, Anda juga dapat mengganti dengan asupan seperti shake yang berkualitas baik. Pastikan Anda juga mengonsumsi protein, karbohidrat yang baik, lemak yang sehat dan vitamin serta mineral.

2. Pastikan hidrasi yang cukup

Hidrasi dengan sesuatu yang memiliki elektrolit di dalamnya dapat menjadi strategi yang baik. Contohnya seperti natrium, kalium, magnesium yang dapat membantu untuk menjaga hidrasi sepanjang hari.

3. Konsumsi protein yang cukup

Protein akan membantu Anda untuk tetap kenyang dan memastikan otot Anda mendapatkan apa yang dibutuhkan agar menjadi tetap kuat. Dengan otot Anda yang kuat, maka akan membantu metabolisme Anda menjadi tetap tinggi.

Kemudian, jika metabolisme Anda tetap tinggi, tubuh Anda akan menjadi ‘mesin’ yang lebih efisien.

4. Fokus pada mikronutrien

Dengan fokus pada mikronutrien, maka akan membantu tubuh Anda mengatur semua proses kimia yang terjadi di dalam tubuh. Contohnya seperti dengan multivitamin, shake pengganti dan lain-lainnya.

Anda juga dapat melihat label kemasan yang Anda konsumsi, untuk mengetahui apakah Anda cukup untuk mendapatkan vitamin dan mineral.

5. Menjaga tubuh tetap aktif

Pada dasarnya tubuh manusia tidak dirancang untuk tetap diam. Sedikit gerakan juga dapat membantu untuk meningkatkan energi.

Anda dapat memulai dengan gerakan yang mudah untuk membuat aliran darah mengalir, contohnya seperti dengan berjalan atau olahraga 30 menit setiap harinya. Anda dapat melakukannya di satu waktu saja, atau melakukannya 10 menit di pagi, siang dan malam hari.

Dengan bergerak, maka akan membuat sendi Anda menjadi bergerak, membantu Anda menjadi lebih fokus dan untuk mental Anda yakni dalam melepaskan endorphin.

Simpulnya, dengan menggabungkan gerakan dan nutrisi yang baik akan menjadi manfaat yang baik yakni untuk memperkuat manfaat dari keduanya.

Jika Anda bingung mengenai makanan yang dapat memenuhi nutrisi Anda dengan seimbang, Anda dapat mencoba membuat piring Anda menjadi berwarna seperti dari buah-buahan, kacang-kacangan dan lainnya.

Hindari untuk mengonsumsi makanan memiliki kandungan gula yang tinggi atau makanan yang diproses terutama saat mengonsumsi untuk cemilan. Hal ini dapat membuat energi Anda menjadi melonjak dan kemudian ‘crash’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan tips puasa bugar
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top