Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inikah Vitamin yang Ampuh Cegah Kanker?

Vitamin E dapat "ditemukan dalam almond, selai kacang, biji bunga matahari, bibit gandum, bit, dan sayuran hijau seperti bayam dan sawi
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 April 2022  |  09:16 WIB
Vitamin
Vitamin

Bisnis.com, JAKARTA - Selain menerapkan kebiasaan makan sehat, gaya hidup sehat, mungkin saja ada juga  vitamin yang tampaknya dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan kanker.

Para ilmuwan di University of Texas MD Anderson Cancer Center melakukan temuan mereka, yang baru-baru ini diterbitkan oleh jurnal Cancer Discovery, menunjukkan bahwa vitamin E efektif meningkatkan pencegahan kanker.

Faktanya, pasien kanker yang mengonsumsi vitamin E saat dirawat dengan terapi pos pemeriksaan imun (ICT) "telah meningkatkan kelangsungan hidup secara signifikan."

"Peran potensial vitamin E dalam pencegahan kanker dan bersamaan dengan kemoterapi telah disarankan dalam beberapa penelitian. Ini adalah salah satu studi pertama yang menyelidiki peran suplemen vitamin E bersama imunoterapi kanker seperti terapi pos pemeriksaan kekebalan," Melissa Mitri, MS, RD dari situs ulasan nutrisi FinvsFin dilansir dari Eat This.

Mitri juga mencatat bahwa "vitamin E adalah antioksidan kuat yang dapat memberikan efek perlindungan pada tubuh. Sebagai antioksidan, vitamin E membantu mencegah radikal bebas, molekul berbahaya di lingkungan memasuki tubuh dan menyebabkan kerusakan. Karena sel kanker sering bereplikasi sebagai akibat dari kerusakan ini, telah dilakukan penyelidikan tentang peran vitamin E dalam mengurangi pertumbuhan kanker."

"Penelitian vitamin E dalam kombinasi dengan imunoterapi kanker masih dalam tahap awal. Penelitian ini adalah salah satu yang pertama menyelidiki kombinasi ini, dan oleh karena itu penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sampai pada kesimpulan yang pasti," kata Mitri juga. "Namun jelas bahwa nutrisi yang baik secara umum selain vitamin E sangat penting untuk pencegahan kanker dan pengelolaan pengobatan kanker, dan itu tidak dapat diremehkan."

Mengenai cara memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin E dalam makanan Anda, Mitri mengatakan bahwa vitamin E dapat "ditemukan dalam almond, selai kacang, biji bunga matahari, bibit gandum, bit, dan sayuran hijau seperti bayam dan sawi."

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker vitamin gaya hidup
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top