Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Istilah Multiverse di Film Dr. Strange Dari Kacamata Ilmiah

Film Dr. Strange menghadirkan konsep konsep lainnya seperti Multiverse, Incursion dan Dreamwalk. Simak artinya secara ilmiah.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 11 Mei 2022  |  14:54 WIB
Potongan poster film "Doctor Strange" (2016) dari Disney dan Marvel - wikimedia
Potongan poster film "Doctor Strange" (2016) dari Disney dan Marvel - wikimedia

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah film Doctor Strange rilis pada 25 Maret 2022 lalu, banyak istilah dari film tersebut yang menjadi perbincangan.

Seperti yang diketahui sebelumnya lewat sekuel film Spiderman: No Way Home, nampak Doctor Strange yang kembali melanjutkan debut super heronya dengan membuka dan mengobrak abrik tatanan multiverse.

Film Doctor Strange: in the Multiverse Madness ini menjadi cerita lanjutan mengenai buntut panjang dari berantakannya multiverse. Selain memperkenalkan konsep “Multiverse, film ini juga menghadirkan konsep konsep lainnya seperti Incursion dan Dreamwalk.

Lantas apa itu Multiverse, Incursion dan Dreamwalk? bagaimana eksistensi ketiga konsep tersebut dalam kacamata ilmiah? 

1. Multiverse

Konsep dan Teori Multiverse sebenarnya benar-benar ada di dunia nyata. Multiverse adalah kerangka teoritis dalam kosmologi modern yang menyajikan gagasan bahwa terdapat susunan luas alam semesta potensial yang sebenarnya terwujud dalam beberapa cara.

Beberapa fisikawan dan ilmuwan meyakini bahwa terdapat kemungkinan adanya eksistensi dunia paralel. dengan arti lain, terdapat sejumlah jenis alam semesta potensial lainnya yang berbeda yang diperkirakan eksis.

Salah satu penerapan multisemesta dalam wacana modern adalah sebagai sarana untuk menerapkan prinsip antropik untuk menjelaskan parameter alam semesta kita sendiri yang disetel dengan baik tanpa memerlukan bantuan perancang yang cerdas.

Tidak jelas bagaimana sebenarnya teori ini dapat diterapkan secara ilmiah, sehingga masih kontroversial di antara banyak fisikawan. meskipun terkesan diluar nalar, banyak ilmuwan yang terus mencoba mencari bukti kuat mengenai konsep dan teori multiverse.

arti multiverse di Doctor dr Strange

2. Incursion atau inkursi

Peristiwa inkursi dikenal sebagai konstruksi dari garis waktu multiverse. kontraksi ini menyebabkan seluruh alam semesta di multiverse ini bertabrakan. inkursi ini merupakan istilah yang menggambarkan antara 2 buah universe saling bertabrakan. 

Marvel juga memperkenalkan konsep area titik inkursi yang mana dapat menjadi penghubung antar universe dapat saling melihat satu sama lain. dalam kacamata ilmiah dan analitik rasional, rasanya konsep ini masih jauh diambang nyata. 

Namun, seorang ilmuwan Amerika Hugh Everett pada 1954 pernah mencetuskan efek dari adanya kuantum yang dapat menyebabkan alam semesta terus membelah. Jika mengacu pada kerangka pikir tersebut, maka inkursi dan seisinya bisa saja terjadi.

3. Dreamwalk

Dreamwalk adalah salah satu istilah yang ada di Doctor Strange selanjutnya. Konsep ini menggambarkan bahwa Strange mampu melakukan perjalanan tempat dan semesta manapun yang dirinya inginkan. 

Konsep yang satu ini memang akan sulit diterima oleh akal. Karena pada dasarnya, saat tertidur salah satu organ yang bekerja cukup aktif adalah otak.konsep dreamwalk ini mungkin jika di dunia nyata sama hal nya dengan bermimpi. 

Saat tertidur, terdapat beberapa tahap yang dikenal. antara lain, empat tahap pertama setiap siklus tidur dianggap sebagai tidur tenang atau non-rapid eye movement (NREM). Tahap terakhir disebut dengan gerakan mata cepat atau rapid eye movement (REM). Biasanya, mimpi akan terasa sangat nyata saat Anda berada di fase rapid eye movement, saat otak bekerja dengan sangat aktif.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film marvel Doctor Strange
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top