Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Olahraga yang Sehat dan Cegah Penyakit

Setelah olahraga, baiknya sediakan waktu sekitar sejam hingga 2 jam untuk me time, serta jangan lupa untuk tidur yang berkualitas saat malam hari.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  14:07 WIB
5 Tips Olahraga yang Sehat dan Cegah Penyakit
Strong Nation adalah latihan high-intensity interval training (HIIT) yang diiringi musik orisinal dan dirancang agar sesuai dengan setiap gerakan. Olahraga bisa menyehatkan tubuh - Bisnis.com/Janlika
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga dan mengonsumsi nutrisi adalah cara untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat dan energi.

Mengutip dari Very Well, Senin (30/5/2022), saat pandemi berakhir, maka masyarakat akan mulai melakukan aktivitas normal di luar rumah.

Simak cara dan tips olahraga sehat dan bugar:

1. Pertahankan diet sehat

Konsumsilah makanan dan minuman dengan bijak untuk menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap prima. Menurut KidsHealth, atlet remaja mungkin membutuhkan 2.000 kalori hingga 5.000 kalori sehari tergantung pada seberapa aktif mereka.

Untuk tetap energik dan menjaga tubuh tetap bugar, maka harus makan 3 kali makan sehat dan kaya nutrisi per hari, bersama dengan dua hingga 3 amilan di antara waktu makan itu dan banyak air agar tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

Makan banyak protein untuk membantu otot Anda tumbuh dan sembuh, banyak karbohidrat sehat untuk energi nutrisi, dan jauhi makanan olahan sebanyak mungkin. Mengembangkan pola makan yang sehat akan membantu Anda mempertahankan kebiasaan sehat saat Anda selesai tumbuh menjadi orang dewasa.

2. Beri dirimu istirahat

Saat Anda aktif olahraga, maka sediakan waktu berkualitas untuk diri sendiri. Pikiran yang stres dan otot yang tegang tidak akan membuat sekoah dan pekerjaan menjadi berkualitas.

Sediakan waktu sekitar satu atau dua jam semalam atau satu hari penuh dalam seminggu. Tonton acara favorit Anda, mandi busa hangat, atau dengarkan musik favorit Anda. Aktivitas santai dan tidur berkualitas yang cukup bisa membantu kesehatan mental untuk menghadapi pertandingan besar.

3. Latihan dalam keseimbangan

Rencanakan latihan dan sesi latihan kekuatan untuk mendapatkan latihan aerobik yang cukup dan untuk melatih semua kelompok otot utama tubuh Anda. Jelajahi berbagai latihan seperti berlari dan berenang untuk latihan seluruh tubuh. Ini adalah kunci dalam memulihkan keseimbangan otot di seluruh tubuh Anda dan dalam mencegah ketegangan, keseleo, dan cedera sendi dan saraf.

4. Regangkan, regangkan, regangkan

Seperti minum air yang cukup atau tidur yang cukup, peregangan sering diabaikan untuk menjaga kesehatan selama musim atletik. Setelah melakukan pemanasan saat olahraga, maka penting untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudah latihan Anda.

Selama berolahraga, otot-otot Anda dibiarkan dalam keadaan memendek, dan peregangan membantu mengembalikan keseimbangan otot dalam tubuh. Manfaatkan aktivitas pendinginan, dan peregangan statis dan dinamis untuk mendapatkan hasil terbaik dari latihan.

Tips sehat saat bertambah usia, maka tetaplah lakukan peregangan. Ini membantu Anda menjaga pinggul dan paha belakang Anda fleksibel, dan peregangan juga menjaga postur tubuh Anda kuat dan seimbang dan sendi Anda elastis seiring bertambahnya usia.

5. Kenali peralatan Anda

Pastikan untuk membeli peralatan yang sesuai dengan tubuh dan kemampuan Anda dan yang akan bertahan selama ratusan jam pelatihan dan pengerahan tenaga. Pakailah sepatu yang sesuai dan pastikan sepatu itu memiliki tapak yang tahan lama. Ganti setiap 400 mil (atau tiga sampai empat bulan) untuk kinerja yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olahraga tips sehat remaja
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top