Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perawatan Kaki Sangat Penting untuk Masa Tua yang Sehat, Benarkah?

Benarkah perawatan kaki selama muda sangat penting untuk mencapai masa tua yang sehat? Simak penjelasannya.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  21:03 WIB
Perawatan Kaki Sangat Penting untuk Masa Tua yang Sehat, Benarkah?
Kesehatan kaki - Women and Health

Bisnis.com, JAKARTA – Kaki Anda sudah melewati banyak tekanan selama bertahun-tahun. Anda mungkin tidak merasa mengabaikan kaki Anda, tetapi itu bukan alasan untuk melewatkan perawatan kaki yang sehat.

Seiring bertambahnya usia, masalah kaki tertentu menjadi lebih umum. Tubuh kita menghasilkan lebih sedikit kolagen, yang menyebabkan penipisan kulit, termasuk lapisan lemak di bagian bawah kaki kita.

Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah. Hal paling umum yang terkait dengan penuaan kaki termasuk kulit kering, kaki rata, tendon achilles yang memendek, radang sendi, masalah peredaran darah, dan kuku yang lebih tebal dan rapuh.

Dokter kesehatan fungsional Frank Lipman menyarankan untuk meningkatkan perawatan kaki ketika Anda lebih tua. Pasalnya, kaki yang lemah dapat menyebabkan bagian tubuh lain mencoba untuk mengimbanginya.

"Otot dan tendon di kaki yang berfungsi buruk dapat menyebabkan rasa sakit di betis dan pinggul. Tugas kaki adalah menyerap kejutan, dan jika kemampuan itu diminimalkan, itu akan berdampak pada bagian tubuh lainnya," ujarnya seperti dikutip dari Mind Body and Green, Senin (30/5/2022).

Faktanya, sebuah studi tahun 2017 mendukung teori ini dengan menunjukkan korelasi antara nyeri kaki dan nyeri lutut dan/atau pinggul.

Satu teori di balik korelasi ini adalah bahwa orang mengkompensasi rasa sakit dengan memodifikasi gerakan tertentu. Meskipun mengubah cara kita berjalan dapat membantu mengatasi nyeri kaki, hal itu dapat menyebabkan ketidaksejajaran atau masalah lainnya.

Para peneliti bahkan berspekulasi bahwa ini mungkin menjelaskan mengapa radang sendi berkembang di lebih dari satu sendi.

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk merawat kaki Anda adalah memakai sepasang sepatu yang tidak terlalu ketat. Pijatan dan rendaman air cuka dapat menjaga kaki Anda tetap bersih dan kering. Ini merupakan beberapa hal yang dapat membantu Anda menjaga kondisi kaki tetap prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan alas kaki tips sehat
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top