Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Cegah Kolesterol Tinggi Usai Santap Menu Hari Raya Iduladha

Melansir dari laman resmi Unair, Minggu (10/7/2022) berikut cara menurukan kadar kolesterol secara alami menurut Lailatul Muniroh SKM MKes
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 10 Juli 2022  |  08:25 WIB
Tips Cegah Kolesterol Tinggi Usai Santap Menu Hari Raya Iduladha
Tips Cegah Kolesterol Tinggi Usai Santap Menu Hari Raya Iduladha - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Raya Iduladha atau yang lebih dikenal dengan lebaran haji merupakan salah satu hari raya yang terdapat dalam ajaran agama islam. Pada tahun ini, perayaan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah bertepatan dengan hari ahad atau minggu, (10/7/2022).

Dalam perayaan Hari Raya Iduladha sendiri sangatlah identik dengan daging sapi atau kambing yang akan disajikan disetiap rumah. Sebab, pada perayaan Iduladha terjadi pemotongan hewan Qurban yang notabennya adalah hewan Sapi dan Kambing yang disembelih.

Dengan banyak bertaburnya makanan yang mengandung daging dagingan, akan mengakibatkan mudahnya kolesterol naik bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol. Namun, ahli gizi dari Universitas Airlangga (Unair) memiliki cara untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami saat Iduladha tiba.

Melansir dari laman resmi Unair, Minggu (10/7/2022) berikut cara menurukan kadar kolesterol secara alami menurut Lailatul Muniroh SKM MKes.

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Langkah preventif yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat seperti strawberry, pisang, pir, apel, jeruk, wortel, dan brokoli.

Setelah Iduladha, memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat akan membuat penurunan kolesterol didalam tubuh semakin stabil. Mengkonsumsi lebih banyak sayur dari jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis yang banyak mengandung serat larut, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Hindari makanan lemak tinggi

Pilihlah makanan yang rendah lemak seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, tahu tempe, dan sebagainya. Setelah Iduladha, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan membatasi makanan cepat saji.
“Pilihlah minyak sehat seperti minyak zaitun untuk menggantikan mentega dan minyak goreng,” jelas Lail.

3. Mulai Sarapan dengan Oatmeal

Oatmeal kaya akan nutrisi sekaligus sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Oatmeal juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan membuat tubuh menjadi bugar ketika datangnya Hari Raya Iduladha.

4. Olahraga Rutin

Bukan hanya menjaga pola makan saja, namun dengan menjaga tubuh dengan olahraga yang rutin akan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Olahraga akan membantu membakar lemak yang berada di dalam tubuh dan membuat tubuh Anda akan sehat dan juga bugar meskipun memakan daging seperti daging kambing maupun sapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol iduladha makanan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top