Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gejala dan Penyebab Kolesterol Tinggi pada Anak dan Remaja

Anak dan remaja juga bisa terkena kolesterol tinggi jika memiliki  Familial Hypercholesterolemia (FH), yakni kolesterol tinggi yang diturunkan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 Juli 2022  |  17:10 WIB
Gejala dan Penyebab Kolesterol Tinggi pada Anak dan Remaja
Kolesterol pada anak - childrenhealth
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol tinggi, bukan hanya menyerang orang dewasa hingga lansia, tapi juga bisa menyerang anak-anak dan remaja.

Semisal di AS, sekitar 7 persen anak-anak dan remaja berusia 6 hingga 19 tahun memiliki kolesterol total yang tinggi. Lebih dari 12 persen orang dewasa berusia 20 tahun ke atas juga memilikinya.

Anda mungkin berpikir Anda bisa menunggu sampai Anda lebih tua untuk memperhatikan angka kolesterol Anda, tapi itu salah.

"Ini adalah kesalahpahaman umum pada orang yang lebih muda, terutama karena Anda dapat memiliki kolesterol yang sangat tinggi dan sama sekali tidak menunjukkan gejala," kata Peter Gaskin, MD, ahli jantung anak di Rumah Sakit Anak Universitas Maryland melansir Webmd.

Alasannya, karena kolesterol tinggi genetik yang ditandai dengan LDL tinggi, adalah umum. Sekitar 1 dari 250 orang di seluruh dunia memilikinya. Tapi kebanyakan tidak mengetahuinya.

Anak dan remaja juga bisa terkena kolesterol tinggi jika memiliki  Familial Hypercholesterolemia (FH), yakni kolesterol tinggi yang diturunkan.

Secara umum, anak-anak mendapatkan skrining pertama mereka antara usia 9 dan 11 tahun, dan setiap 5 tahun sesudahnya.

Orang dewasa muda yang sehat harus menjalani tes skrining setiap 5 tahun setelah mereka berusia 20 tahun. Begitu seorang wanita berusia 55 tahun atau seorang pria berusia 45 tahun, tes skrining harus menjadi lebih sering.

Hal-hal yang bisa membuat Anda lebih mungkin terkena kolesterol tinggi adalah:

  1. Kebiasaan makan yang tidak sehat
  2. Tidak berolahraga secara teratur
  3. Merokok atau menghirup asap rokok
  4. Kelebihan berat badan atau obesitas

Jika Anda masuk dalam kategori FH, maka yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Makan makanan yang seimbang
  2. Dapatkan latihan aerobik
  3. Tetap pada berat badan yang sehat
  4. Juga, periksakan mereka untuk kolesterol tinggi sesering yang direkomendasikan dokter mereka.

Kapan anak dan remaja butuh tes kolesterol :

  1. Riwayat genetik kolesterol tinggi
  2. Serangan jantung
  3. Stroke

Perbedaan FH dengan LDL tinggi 

Tidak seperti kolesterol tinggi biasa, hiperkolesterolemia familial terjadi karena perubahan gen yang terjadi dalam keluarga Anda. Kebanyakan orang dengan FH mewarisinya dari satu orang tua. Ini jarang terjadi, tetapi beberapa orang mendapatkan gen FH dari kedua orang tua, yang dapat menyebabkan tingkat kolesterol LDL "jahat" yang lebih tinggi.

Juga, perubahan gaya hidup saja tidak akan membantu FH.

Kabar baiknya adalah bahwa beberapa jenis obat dan terapi lain dapat membantu orang dengan kondisi tersebut mengendalikan kolesterol mereka.

Diperkirakan ada sekitar 17.000 kematian terkait hiperkolesterolemia familial per tahun, dan itu sebagian besar dapat dicegah.

Jadi, jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit jantung dini dan kolesterol Anda tinggi. Keduanya adalah hal yang meningkatkan peluang Anda memiliki FH.

Untuk mentracingnya, tanyakan keluarga Anda apakah ada kerabat yang memiliki kolesterol tinggi atau penyakit jantung. Kemudian, perhatikan baik-baik angka kolesterol Anda: kadar LDL di atas 190 pada orang dewasa dan 160 pada anak-anak adalah tanda peringatan yang mungkin jika Anda tidak mengonsumsi obat apa pun untuk kolesterol tinggi.

Untuk mendiagnosis Anda, dokter atau spesialis Anda mungkin mencari tanda-tanda fisik FH yang sulit dikenali di mata Anda dan pada tendon dan persendian tertentu. Pemeriksaan fisik ini, bersama dengan riwayat keluarga Anda dan tingkat LDL Anda, mungkin cukup untuk melanjutkannya. Tetapi mereka mungkin juga merekomendasikan tes genetik untuk mengkonfirmasi diagnosis FH.

Jika Anda mengetahui bahwa Anda memiliki FH, anggota keluarga dekat Anda masing-masing memiliki peluang 50% untuk memilikinya juga. Dorong semua orang untuk diuji, termasuk Anda:

  1. Orang tua
  2. Saudara
  3. Anak-anak
  4. Bibi dan paman
  5. Sepupu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol lemak jantung Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top