Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Beragam Manfaat Kesehatan dari Buah Pepaya

Berikut berbagai jenis pepaya yang dapat dengan mudah Anda temukan, dilansir dari Web MD
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  14:09 WIB
Beragam Manfaat Kesehatan dari Buah Pepaya
Pepaya - boldsky.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Carica papaya adalah nama ilmiah dari buah yang lebih dikenal sebagai pepaya.

Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat banyak orang tertarik. Selain rasanya yang lezat, papaya juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Pepaya berasal dari Amerika Tengah. Penduduk asli di daerah itu makan pepaya dan menggunakannya untuk tujuan pengobatan. Pada 1500-an dan 1600-an, penjajah Spanyol dan Portugis membawa benih ke daerah tropis lainnya di dunia.

Sebuah pepaya berukuran sedang (kurang lebih 275 gram) mengandung sekitar 119 kalori, 1,3 gram protein, 30 gram karbohidrat,   Kurang dari 1 gram lemak, 4,7 gram serat makanan, 21,58 gram gula pasir

Pepaya umumnya aman dikonsumsi, tetapi beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi. Pepaya memiliki gula alami, jadi jika Anda perlu menghindari gula, makanlah dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.

Berikut berbagai jenis pepaya yang dapat dengan mudah Anda temukan, dilansir dari Web MD:

  1. Kapaho solo (juga dikenal sebagai puna solo)
  2. Waimanolo
  3. Higgins
  4. Hortus Gold
  5. Honey Gold
  6. Bettina
  7. Sunnybank
  8. Guinea Gold
  9. Coorg honeydew
  10. Washington

Beragam Manfaat Kesehatan buah pepaya

1. Perlindungan Terhadap Penyakit Jantung

Pepaya mengandung antioksidan tingkat tinggi vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Diet tinggi antioksidan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidan mencegah oksidasi kolesterol. Ketika kolesterol teroksidasi, kemungkinan besar akan terjadi penyumbatan yang menyebabkan penyakit jantung.

2. Pencernaan Lancar dan Mengurangi Peradangan

Buah pepaya mengandung dua enzim, papain dan chymopapain. Kedua enzim mencerna protein, yang berarti dapat membantu pencernaan dan mengurangi peradangan. Papain adalah bahan dalam beberapa suplemen pencernaan yang dijual bebas untuk membantu mengatasi sakit perut ringan.

Baik papain dan chymopapain juga membantu mengurangi peradangan. Dapat membantu nyeri akut, seperti luka bakar atau memar, dan juga dapat membantu kondisi peradangan kronis seperti radang sendi dan asma.

3. Sistem Kekebalan

Makan makanan tinggi vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memungkinkan tubuh melawan penyakit bakteri dan virus. Pepaya memiliki jumlah antioksidan yang baik, menjadikannya bagian dari diet yang sehat untuk kekebalan tubuh. Pepaya juga merupakan sumber vitamin A yang baik dan vitamin penting lainnya untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan fungsional.

4. Berpotensi Melindungi Terhadap Kanker Prostat

Likopen adalah pigmen alami yang ditemukan dalam makanan yang berwarna merah atau oranye. Tomat, semangka, dan pepaya adalah sumber likopen yang baik. Beberapa ahli percaya bahwa makan lebih banyak likopen mengurangi risiko kanker prostat. Makan makanan tinggi likopen bersama dengan teh hijau mengurangi risiko kanker prostat secara signifikan.

Kandungan Nutrisi Pepaya

Pepaya berukuran sedang mengandung lebih dari 200% vitamin C yang Anda butuhkan per hari, membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pepaya memiliki kandungan berikut:

  1. Folat
  2. Vitamin A
  3. Serat
  4. Tembaga
  5. Magnesium
  6. Kalium
  7. Asam Pantotenat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Olahan Pepaya buah tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top