Pepaya/healthimpactnews.com
Health

8 Manfaat Biji Pepaya yang Belum Banyak Diketahui

Redaksi
Jumat, 8 Desember 2023 - 10:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pepaya merupakan tanaman yang banyak tumbuh di wilayah tropis. Teksturnya yang lembut membuatnya bisa dinikmati berbagai kalangan dari segala usia, termasuk bayi yang mulai MPASI.

Pepaya kerap dinikmati kebanyakan orang dalam bentuk buah, daun, dan bunganya untuk dimakan karena rasanya yang lezat. Namun, ternyata biji pepaya juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Cara mengonsumsi biji pepaya adalah dengan mengeringkannya dan menggilingnya menjadi bubuk. Kemudian dapat menaburkan bubuk atau menambahkannya ke makanan Anda.

Melansir dari NDTV, berikut ini sejumlah manfaat biji pepaya untuk kesehatan.

1. Pencernaan yang membaik

Biji pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang membantu pencernaan. Anda dapat mengonsumsi satu sendok teh biji pepaya segar setelah makan untuk mendukung pencernaan yang sehat dan mencegah masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan.

2. Kesehatan hati yang lebih baik

Biji pepaya kaya akan antioksidan, yang membantu menghilangkan racun dari tubuh dan mendukung fungsi hati. Senyawa yang ada dalam biji pepaya dapat membantu detoksifikasi hati. Gilt satu sendok makan biji pepaya dan campur dengan segelas jus atau air. Konsumsi campuran ini sekali sehari selama beberapa minggu untuk mendukung kesehatan hati.

3. Kaya akan antioksidan & sifat anti-inflamasi

Kehadiran flavonoid dan senyawa fenolik dalam biji pepaya membantu mengurangi peradangan dan memberikan bantuan dari kondisi peradangan seperti radang sendi.

Biji pepaya kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi. Anda dapat menaburkan biji yang dihancurkan pada salad, smoothie, atau yogurt untuk menambahkan rasa pedas dan manfaat dari sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

4. Sistem imun yang ditingkatkan

Biji pepaya sarat dengan vitamin C, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam produksi kolagen, meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

5. Bantuan penurunan berat badan

Biji pepaya dapat membantu dalam manajemen berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi dalam biji pepaya membantu membuat Anda kenyang lebih lama, mengatur kadar gula darah, dan membantu dalam manajemen berat badan.

Biji pepaya dapat membantu mengatur sistem pencernaan, meningkatkan perasaan kenyang, dan mendukung upaya penurunan berat badan. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau memasukkannya ke dalam makanan Anda untuk membantu dalam manajemen berat badan.

6. Sifat anti-parasit

Biji pepaya memiliki sifat anti-parasit yang dapat membantu menghilangkan cacing usus dan parasit lainnya. Hancurkan segenggam biji dan campur dengan satu sendok makan madu atau yogurt. Konsumsi campuran ini dengan perut kosong selama sekitar satu minggu, diikuti dengan pencahar, untuk mengeluarkan parasit dari tubuh.

7. Potensi anti kanker

Penelitian menunjukkan bahwa biji pepaya mungkin memiliki sifat anti-kanker karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan jenis sel kanker tertentu.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Biji pepaya mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang sehat untuk jantung, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan mencegah risiko penyakit kardiovaskular. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro