Cokelat hitam/popsugar.com
Health

10 Khasiat Cokelat Hitam, Bisa Cegah Penyakit Jantung

Nabila Dina Ayufajari
Minggu, 31 Juli 2022 - 17:40
Bagikan

Kandungan Nutrisi Cokelat Hitam

Manfaat nutrisi cokelat sangat bervariasi berdasarkan merek dan jenis cokelat. Namun, Departemen Pertanian Amerika Serikat menyatakan bahwa sebatang cokelat hitam yang beratnya sekitar 100 gram (g) dan mengandung sekitar 70-85 persen kakao memiliki:

• 604 kalori per 100 gram

• 7,87 gram protein per 100 gram

• 43,06 gram lemak per 100 gram

• 46,36 gram karbohidrat per 100 gram

• 11.00 gram serat makanan per 100 gram

• 24,23 gram gula per 100 gram

• 12,02 miligram (mg) zat besi per 100 gram

• 230.00 miligram magnesium per 100 gram

• 3,34 miligram seng per 100 gram.


Dalam hal manfaat nutrisi dengan peningkatan persentase kakao, maka manfaat kesehatan dari cokelat meningkat. Ketika dimasukkan sebagai camilan, sekitar 20 gram cokelat hitam tinggi kakao yang diproses secara minimal dapat berkontribusi positif pada diet seimbang.


Disarankan, porsi makan cokelat hitam harus di antara satu dan dua ons sekaligus atau 30-60 gram. Itu sekitar tiga potong persegi dari sebatang cokelat yang besar.


Kondisi yang Perlu Diperhatikan dan Dibatasi dalam Konsumsi Cokelat Hitam

1. Kehamilan

Ini karena cokelat mengandung kafein sehingga banyak cokelat hitam tidak aman untuk janin. Kandungan kafein dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan bahkan dapat menyebabkan keguguran. Untuk itu, penting berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukkan makanan kaya kafein, bahkan cokelat.


2. Menyusui

Ibu menyusui harus berhati-hati dalam memasukkan cokelat hitam kaya kafein ke dalam porsi makan. Kafein dapat dengan mudah ditransfer dari ibu menyusui bayi dan menyebabkan gejala parah, seperti menyebabkan sulit tidur, gelisah, dan bahkan ruam.


3. Gangguan Pendarahan

Siapa pun yang menderita gangguan pendarahan harus menghindari cokelat. Cokelat hitam dapat memperlambat proses pembekuan darah dan memiliki efek buruk yang parah pada orang yang menderita masalah seperti hemofilia.


4. Palpitasi

Cokelat hitam penuh dengan kakao dan berpotensi meningkatkan denyut nadi serta meningkatkan tekanan darah saat tertelan dalam jumlah yang cukup besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro