Cokelat hitam/guardian
Health

10 Khasiat Cokelat Hitam, Bisa Cegah Penyakit Jantung

Nabila Dina Ayufajari
Minggu, 31 Juli 2022 - 17:39
Bagikan

Membantu dalam pencegahan diabetes

5. Membantu dalam pencegahan diabetes

Mungkin terdengar mengejutkan, tetapi cokelat hitam tanpa pemanis sebenarnya berfungsi untuk mencegah diabetes. Cokelat hitam kaya akan polifenol yang penuh dengan sifat antioksidan dan bekerja untuk membangun resistensi insulin yang signifikan. Oleh karena itu, cokelat hitam memiliki kapasitas untuk mengontrol kadar gula darah dan membantu dalam pengelolaan pencegahan diabetes tipe 2. 

Faktanya, penelitian telah menunjukkan orang yang mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang cenderung tidak menderita diabetes.

6. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Selain melepaskan banyak hormon bahagia, cokelat hitam juga mampu membuat kulit kamu bahagia. Cokelat hitam dibanjiri dengan nutrisi dan mineral, seperti vitamin A, B1, C, D, dan E bersama dengan zat besi, kalsium, tembaga, magnesium, mangan, selenium, dan seng.

Selain itu, cokelat hitam kaya akan antioksidan untuk melindungi kulit dari sinar UV sambil menenangkan kemerahan atau noda. Plus, juga berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan dibanjiri dengan sifat anti-inflamasi yang secara efektif bekerja untuk menyembuhkan iritasi pada kulit.

7. Meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah kehilangan memori

Cokelat hitam yang kaya akan kakao diketahui bermanfaat bagi otak. Penelitian telah menunjukkan cokelat hitam mampu merangsang perasaan senang dan gembira yang pada gilirannya bekerja untuk meningkatkan suasana hati, menghilangkan stres, dan meningkatkan produktivitas. Sementara, studi lain membuktikan bahwa makan cokelat hitam memiliki hubungan langsung dengan peningkatan memori, kognisi, dan suasana hati. 

Faktanya, cokelat hitam dikatakan memiliki efek yang sangat menguntungkan pada sistem pembuluh darah. Konsumsi cokelat hitam secara konsisten tetapi moderat, sebenarnya dapat meningkatkan aliran darah di tubuh dan otak. Ini menunjukkan cokelat hitam juga memiliki manfaat neuroprotektif yang dapat mencegah penyakit kognitif, seperti Alzheimer dan demensia.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan

Cokelat hitam mengandung flavonol yang dikenal dapat meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Itu karena cokelat hitam kaya anti-oksidan yang berarti mereka bekerja untuk melawan radikal bebas dan membantu dalam perlindungan serta pencegahan beberapa penyakit umum.

9. Mempertahankan intensitas latihan dan meningkatkan kinerja atletik

Cokelat hitam mengandung epikatekin yang secara aktif bekerja untuk meningkatkan produksi oksida nitrat dalam darah. 

Ini pada gilirannya meningkatkan sirkulasi dan benar-benar mengurangi jumlah oksigen yang digunakan atlet. Dengan demikian, meningkatkan stamina dan meningkatkan kinerja. Plus, ini membantu dalam pemeliharaan intensitas latihan untuk jangka waktu yang lama.

10. Membantu menurunkan berat badan

Jika kamu telah mengonsumsi cokelat hitam tanpa pemanis dan paling sedikit diproses, maka itu sebenarnya dapat membantu menurunkan berat badan. Cokelat hitam memberikan asam lemak tak jenuh tunggal ke tubuh kita yang secara efektif bekerja untuk meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori dengan cepat. 

Selain itu, jika kamu berhasil makan sekitar 20 menit sebelum makan, itu benar-benar berfungsi untuk mengekang rasa ngidam. Bahkan, itu juga dikenal untuk mengurangi dan menghilangkan rasa lapar alias memberikan rasa kenyang. Cokelat hitam pun mampu memberikan energi dan berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit yang meningkatkan faktor perasaan baik selama latihan fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro