Ilustrasi/Digitaltrends
Relationship

Apa itu Gaslighting? Ini Tanda dan Dampaknya bagi Kesehatan Mental

Alifian Asmaaysi
Sabtu, 3 September 2022 - 16:00
Bagikan

Tanda-tanda Gaslighting

Sebagai salah satu masalah yang lahir dalam konstruk sosial, mengidentifikasi secara gamblang terkait apa itu tanda-tanda umum seseorang tengah melakukan gaslighting cukuplah sulit dan rancu. Hal tersebut terjadi lantaran, tak jarang prilaku gaslighting kerap datang dari seseorang yang ada di dalam lingkup personal dan sangat Anda percayai. 

Diantara tanda-tanda yang harus diperhatikan antara lain:

- Efek "Zona Senja".  Para korban gaslighting sering kali melaporkan bahwa mereka merasa situasinya tidak nyata—seperti terjadi di pesawat yang berbeda dari sisa hidup mereka.

- Ketika seseorang menggunakan bahasa yang menggambarkan Anda atau perilaku Anda sebagai orang gila, irasional, atau terlalu emosional. 

- Ketika seseorang memberitahu bahwa Anda melebih-lebihkan sesuatu

Mendapatkan Pengisolasian atas sudut pandang yang Anda 

- Pemolisian nada. Seorang gaslighter mungkin mengkritik nada suara Anda saat Anda menyampaikan gagasan yang Anda miliki tanpa mendasar. Ini adalah taktik yang digunakan para pelaku gaslighter untuk memutar balikkan naskah dan membuat Anda merasa bahwa Andalah yang harus disalahkan, bukan pelakunya.

- Siklus perilaku hangat-dingin. Untuk membuat korban kehilangan keseimbangan, seorang pemantik gas mungkin bergantian antara pelecehan verbal dan pujian, seringkali bahkan dalam percakapan yang sama.

Sementara dilansir dari Forbes Health terdapat unsur gejala lain yang umum digunakan para gaslighter untuk melawan korban:

- Pemotongan. Pasangan yang kasar berpura-pura tidak mengerti atau menolak untuk mendengarkan.

- Melawan.  Pasangan yang kasar mempertanyakan ingatan korban tentang peristiwa, bahkan ketika korban mengingatnya secara akurat.

- Pemblokiran/Pengalihan. Pasangan yang kasar mengubah topik pembicaraan dan/atau mempertanyakan pikiran korban.

- Meremehkan. Pasangan yang kasar membuat kebutuhan atau perasaan korban tampak tidak penting.

- Melupakan/Menolak.  Pasangan yang kasar berpura-pura lupa apa yang sebenarnya terjadi atau menyangkal hal-hal seperti janji yang dibuat untuk korban.

Bagaimana Gaslighting Dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental Anda?

Gaslighting dimaksudkan untuk memprovokasi ketidakpastian dan keraguan diri, yang seringkali berbahaya bagi kesehatan mental korban. Jika Anda sedang menyalakan gas, Anda mungkin mengalami:

- Kecemasan

- Depresi

- Disorientasi

- Menurunkan harga diri

- Gangguan stres pascatrauma

- Ketakutan berlebihan akan bahaya, yang dikenal sebagai hypervigilance

- Pikiran bunuh diri

Jika Anda adalah korban dari gaslighting dan berjuang dengan salah satu gejala di atas, pertimbangkan untuk mencari dukungan dari  konselor kesehatan mental  atau terapis lainnya. Hal ini dapat membantu Anda menavigasi trauma baik saat itu terjadi dan setelah peristiwa tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro