Brokoli
Health

Daftar Makanan dan Minuman Kaya Zat Besi, Cegah Anemia

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 9 September 2022 - 09:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Zat besi adalah mineral dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh manusia.

Zat besi memainkan peran besar dalam membawa oksigen dari paru-paru Anda ke seluruh bagian tubuh.

Jika seseorang tidak mendapatkan zat besi yang cukup, mungkin tidak ada cukup sel darah merah untuk mengangkut oksigen, yang dapat menyebabkan kelelahan. Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan anemia.

Tapi tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa makanan sehat yang tinggi zat besi untuk ditambahkan ke resep atau makanan Anda berikutnya.

  1. Kerang
  2. Kacang-kacangan
  3. Daging merah
  4. Ikan
  5. Tahu
  6. Bayam
  7. Biji labu
  8. Biji gandum
  9. Coklat hitam
  10. Brokoli
  11. Hati

Kerang, seperti kerang, tiram, dan remis, merupakan sumber zat besi dan protein yang baik. Ikan, termasuk tuna dan makarel, mengandung zat besi dan asam lemak omega-3 yang tinggi, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Cokelat hitam tidak hanya lezat, tetapi juga bergizi. Selain mengandung zat besi, cokelat juga mengandung mineral, seperti magnesium, dan serat prebiotik, yang membantu kesehatan usus.

Quinoa adalah alternatif yang bagus bagi mereka yang menderita penyakit celiac atau bentuk lain dari intoleransi gluten karena tidak mengandung gluten. Biji-bijian kaya akan zat besi, folat, dan protein.

Bayam dan brokoli adalah dua sayuran dengan zat besi tinggi. Bayam juga mengandung karotenoid, yang mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan mata, kata Healthline. Brokoli juga mengandung vitamin C, folat, dan vitamin K.

Makanan lain yang tinggi zat besi termasuk telur, sayuran bit, kangkung, ubi jalar, roti gandum hitam, stroberi, buah ara, kurma dan semangka, menurut Palang Merah Amerika.

Buah apa yang mengandung zat besi tinggi?

Menurut Palang Merah Amerika, stroberi, semangka, kismis, kurma, buah ara, plum, aprikot kering, dan buah persik kering adalah buah yang kaya zat besi.

Makanan tinggi vitamin C, seperti tomat dan buah jeruk, juga dapat membantu penyerapan zat besi, kata Palang Merah Amerika.

Ada berbagai minuman yang mengemas pukulan besi, menurut Healthline, termasuk:

  1. Jus buah prune
  2. Jus hijau
  3. Shake protein kacang polong

Jus hijau, terutama yang dibuat dengan bayam, sayuran bit, lobak Swiss, dan lobak hijau, merupakan sumber zat besi yang baik.

Menambahkan buah-buahan tinggi vitamin C juga akan membantu penyerapan zat besi.

Bubuk protein kacang polong lebih tinggi zat besinya dibandingkan bubuk lain yang ada di pasaran, seperti whey. Ketika ditambahkan ke selai kacang dan pisang beku, protein shake kacang polong bisa kaya akan protein, lemak sehat, dan serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro