Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah Baru! Sutradara dan Pemeran Utama Squid Game Raih Emmy Awards 2022

Sutradara Squid Game Hwang Dong-hyuk memenangkan kategori sutradara terbaik, sedangkan Lee Jung-jae menjadi aktor utama terbaik kategori serial drama.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 13 September 2022  |  17:02 WIB
Sejarah Baru! Sutradara dan Pemeran Utama Squid Game Raih Emmy Awards 2022
Serial Netflix Squid Game - BBC.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Serial asal Korea Selatan Squid Game yang tayang di Netflix mencatat sejarah sebagai drama berbahasa asing pertama yang memenangkan penghargaan tertinggi di industri televisi, Emmy Awards.

Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (13/9/2022), sutradara Squid Game Hwang Dong-hyuk berhasil memenangkan kategori sutradara terbaik. Sementara itu, Lee Jung-jae, karakter utama di serial ini, juga menyabet penghargaan aktor terbaik serial drama.

“Saya sangat berharap 'Squid Game' tidak menjadi serial non-Inggris terakhir yang hadir di Emmy,” kata Dong-hyuk setelah menerima penghargaannya, dikutip dari Bloomberg pada Selasa (13/9/2022).

Squid Game masuk ke dalam 14 nominasi di Emmy Awards, bersaing ketat dengan drama terbaik HBO Succession. Megahit itu mengikuti keberhasilan sutradara film Parasite Bong Joon-ho yang menjadi pemenang Oscar 2020 dan pemain drama Minari Youn Yuh-jung yang memenangkan Academy Award untuk aktris pendukung terbaik pada 2021.

Baik Parasite dan Minari,  mereka menampilkan tema ketidaksetaraan dan perlakuan buruk terhadap minoritas. Parasite, misalnya, bercerita tentang sebuah keluarga miskin yang berencana untuk mendapatkan pekerjaan di rumah tangga kaya dengan meningkatkan kualifikasi mereka dan berpura-pura tidak memiliki hubungan keluarga.

Squid Game pun menampilkan tema serupa dengan mengisahkan lebih dari 400 orang yang memiliki utang lalu memainkan serangkaian permainan anak-anak yang mematikan untuk memenangkan banyak uang. Permainan yang memperdayakan orang tidak mampu dan menjadi hiburan sejumlah VIP super kaya.

Drama Korea Selatan berhasil memikat penonton secara global dengan merefleksikan beberapa sisi gelap masyarakatnya — termasuk perlakuannya terhadap pembelot Korea Utara, pekerja migran, perceraian, pengangguran, dan mereka yang memiliki masalah kesehatan mental.

Masalah yang tercermin dalam drama bergema di seluruh dunia ketika pandemi Covid-19 melanda setiap lapisan masyarakat.

Diketahui, drama survival ini merupakan peluncuran terbesar Netflix. Serial ini menelan biaya US$21 juta untuk produksi dan telah ditonton lebih dari 1,65 miliar jam hanya dalam empat minggu setelah peluncuran. Ini menjadi top hits di Netflix selama berbulan-bulan.

Serial ini meningkatkan popularitas produksi Korea Selatan di seluruh dunia dan memberdayakan pemain global termasuk Walt Disney Co., Apple Inc. dan Warner Media untuk berinvestasi dalam judul bahasa lokal serta serial aslinya untuk memikat pelanggan.

Netflix pun akan meningkatkan investasinya dalam penayangan berbahasa asing dibandingkan dengan investasinya dalam bahasa Inggris karena mayoritas pelanggannya berasal dari seluruh penjuru dunia.

Bucket Studio Co., yang memegang saham di agensi Jung-jae, melonjak sebanyak 12 persen di perdagangan Seoul, kenaikan terbesar sejak 8 Agustus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

squid game Emmy Awards penghargaan Netflix
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top