Salmon/newhealthguide.org
Health

Daftar Makanan Penghancur Lemak, Bisa Bikin Berat Badan Turun

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 25 September 2022 - 14:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buat Anda yang kesal karena lemak membandel di tubuh, ada beragam cara untuk menghilangkannya.

Selain dengan olahraga yang teratur, ternyata ada juga beberapa makanan yang bisa membantu menghancurkan dan meluruhkan lemak tersebut.

Berikut daftar makanan yang bisa menghancurkan lemak dalam tubuh Anda.

1. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3 anti-inflamasi, dan juga merupakan sumber protein yang bagus, yang membantu meningkatkan rasa kenyang, kata Elizabeth Beil, ahli gizi diet terdaftar dan pendiri Elizabeth Beil Nutrition.

Empat ons salmon mengandung sekitar 30 gram protein, yang merupakan setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk seseorang dengan berat 165 pon.

2 Telur

Telur adalah sumber protein hebat lainnya, mengandung sekitar enam gram protein per porsi. Makanan kaya protein, seperti telur, juga memiliki efek termal yang tinggi, kata Daniela Novotny, RD, instruktur senior ilmu biomedis di Missouri State University.

Faktanya, sebuah penelitian kecil tahun 2008 menemukan bahwa peserta yang makan dua telur untuk sarapan lima hari seminggu selama delapan minggu mengalami penurunan berat badan 65% lebih besar dan pengurangan lemak tubuh 16% lebih besar, dibandingkan dengan kelompok yang makan jumlah kalori yang sama di bagel untuk sarapan.

3. Sayuran silangan

Sayuran cruciferous milik keluarga kubis (Brassicaceae) dan termasuk Brokoli, Kol bunga, kubis Brussel, Kubis, sejenis sawi, dan Arugula

Sayuran cruciferous rendah kalori, tetapi tinggi serat, yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, yang mengakibatkan penurunan berat badan.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah jus apel yang difermentasi dan penelitian menunjukkan itu mungkin memiliki efek sederhana pada penurunan berat badan, kata Novotny. Meskipun penelitian yang lebih substansial diperlukan untuk menarik kesimpulan yang pasti.

Namun, dalam sebuah studi 2018, peserta dengan diet rendah kalori yang minum dua sendok makan cuka sari apel dengan makan siang dan makan malam kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak dalam 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi cuka sari apel.

5. Makanan Pedas

Makanan pedas meningkatkan detak jantung dan meningkatkan suhu tubuh, yang menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori, sehingga membantu menurunkan berat badan.

Senyawa kimia pedas capsaicin – ditemukan dalam cabai seperti jalapeo, cabai rawit, dan habanero – telah terbukti membantu tubuh membakar sekitar 50 kalori ekstra sehari. Selain itu, capsaicin bertindak sebagai penekan nafsu makan.

6. Ayam Tanpa Lemak

Ayam tanpa lemak rendah lemak dan kalori, dan merupakan sumber protein yang bagus untuk membuat Anda kenyang lebih lama, kata Novotny. Potongan ayam tanpa lemak seperti dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan sayap ayam atau stik drum.

7. Teh Hijau

Dalam hal penurunan berat badan, teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan yang dapat mengaktifkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak, kata Nambudripad. Namun, penelitian seputar teh hijau dan penurunan berat badan masih terbatas dan diperlukan lebih banyak penelitian, kata Beil.

Sebuah studi kecil tahun 2008 menemukan peserta yang mengonsumsi ekstrak teh hijau mengalami pembakaran lemak 17% lebih banyak saat bersepeda daripada mereka yang menggunakan plasebo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro