Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sehat Bagi Tubuh, Ini 10 Manfaat dari Apel 

Kandungan serat dalam buah apel membantu meningkatkan proses pencernaan dan bisa mencegah sembelit.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 29 September 2022  |  21:27 WIB
Sehat Bagi Tubuh, Ini 10 Manfaat dari Apel 
Manfaat buah apel bagi kesehatan. - Bisnis.com/Janlika
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah apel merupakan salah satu buah yang lezat dan banyak dicari. Ternyata, buah apel juga masyhur akan manfaatnya bagi kesehatan. 

Terdapat daftar panjang dari banyaknya manfaat kesehatan dari buah apel. Apel diketahui kaya akan vitamin C, K, B6 dan riboflavin.  

Selain itu, mineral seperti tembaga, magnesium, potasium, dan mangan semuanya lengkap terkandung dalam buah apel. Makan apel juga merupakan cara yang baik untuk mengonsumsi dosis harian serat yang direkomendasikan. 

Simak manfaat buah apel bagi tubuh:

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan serat dalam apel membantu dalam meningkatkan metabolisme dan proses pencernaan. Mereka memastikan gerakan usus halus dan dikenal untuk mencegah gangguan perut dan sembelit. 

2. Kaya akan antioksidan

Kebanyakan buah beri sebagai buah yang dijadikan pilihan untuk mendapatkan antioksidan. Tetapi, apel sebenarnya sangat tinggi antioksidan dan fitokimia. Ini telah terbukti membantu mengurangi insiden kanker dan penyakit kronis. 

Antioksidan umum yang tinggi dalam apel adalah vitamin C. Dilaporkan bahwa, sebuah apel memasok 14 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin penting ini. Vitamin C diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat serta baik untuk mata, kulit dan otak. 

3. Mengontrol diabetes

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah mereka. Polifenol dalam apel dipercaya membantu mengurangi penyerapan karbohidrat dalam tubuh.

Mengurangi penyerapan karbohidrat dalam tubuh membantu mencegah fluktuasi kadar gula darah dalam aliran darah. Selanjutnya, polifenol dalam apel membantu merangsang reseptor insulin di dalam sel. 

4. Kaya zat besi dan mampu atasi anemia

Orang yang menderita anemia sering disarankan untuk mengonsumsi apel karena merupakan sumber yang kaya zat besi. Zat besi sangat penting untuk metabolisme sel darah merah. 

5. Mencegah penyakit jantung

Apel dianggap sangat baik untuk merawat kesehatan jantung. Mereka mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan membangun mekanisme pertahanan yang kuat terhadap penyakit kardiovaskular.  

Sifat antioksidan dalam apel mengurangi oksidasi lemak dan mampu menetralkan lemak yang ditemukan di pembuluh darah yang dapat memberikan tekanan berlebih. Quercetin, flavonoid dalam apel juga mengurangi peradangan pada pembuluh darah. Inilah alasan mengapa apel dianggap sebagai penguat jantung yang kuat. 

6. Meningkatkan kesehatan usus

Apel diketahui dapat meningkatkan fungsi bakteri di usus besar. Zat yang terdapat dalam apel mampu meningkatkan metabolisme di saluran pencernaan.  

7. Atasi Lesu

Jika Anda kerap merasa lesu, apel merupakan pilihan yang tepat untuk dipilih dalam meningkatkan vitalitas serta kekuatan tubuh. Itulah alasan mengapa bila Anda sakit akan selalu ada apel yang menjadi bahan suguhan. Apel sangat membantu dalam detoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mereka sangat membantu dalam menjaga kelemahan otot. 

8. Meningkatkan Penglihatan Mata

Apel dikenal untuk meningkatkan penglihatan dan membuat mata lebih kuat. Senyawa flavonoid dan fitonutrien antioksidan mengurangi efek radikal bebas pada mata dan mencegah berbagai penyakit mata. 

9. Merawat Kulit

Antioksidan kaya akan manfaat. Antioksidan dalam apel dinilai baik untuk kesehatan kulit. Konsumsi apel secara teratur mencegah kondisi kulit seperti keriput, penuaan dini dan flek hitam. 

10. Perawatan gigi

Siapa yang sangka bahwa apel memiliki manfaat hingga mampu merawat keutuhan gigi. Apel mampu membantu membersihkan gigi dan gusi.  

Selain itu apel juga mampu membantu mengurangi insiden gigi berlubang. Kandungan serat dalam apel memiliki sifat antibakteri yang berkontribusi untuk menjauhkan bakteri dan virus dari tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Buah Apel kesehatan metabolisme jantung
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top