Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar 10 Penyakit Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Diare

Simak 10 penyakit mematikan di bumi yang sudah menelan banyak korban jiwa
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 31 Oktober 2022  |  16:30 WIB
Daftar 10 Penyakit Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Diare
Diare pada bayi di bawah lima tahun bisa menyebabkan kematian.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak sekali jenis penyakit yang ada di dunia, ada yang bisa dicegah ataupun ada yang bawaan dari lahir, ada juga yang mematikan ataupun yang bisa diobati dan bergejala ringan.

Berikut ini daftar 10 penyakit mematikan yang beberapa diantaranya bisa dicegah berdasarkan thestar.

1. Penyakit arteri koroner (CAD)

Penyakit paling mematikan nomor satu di dunia adalah penyakit arteri koroner. Dilansir dari Center for Disease and Prevention (CDC) penyakit arteri koroner adalah penyakit yang disebabkan oleh penumpukan plak di dinding arteri. Sedangkan, dinding arteri ini berfungsi untuk memasok darah dari dan ke jantung atau disebut juga dengan arteri koroner.

Faktor risiko penyakit ini meliputi:

  • Punya riwayat keluarga dengan penyakit yang sama
  • Diabetes
  • Kelebihan berat badan
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Merokok

2. Stroke

Sudah bukan rahasia umum lagi jika penyakit ini dapat sebabkan kematian, jadi tidak mengherankan jika termasuk dalam daftar penyakit paling mematikan di dunia. Stroke disebabkan oleh sumbatan pada arteri di otak.

Faktor risiko stroke meliputi:

  • Menopause
  • Merokok, risiko bertambah jika penggunaan dibarengi dengan kontrasepsi oral.
  • Tekanan darah tinggi
  • Riwayat keluarga stroke.

3. Penyakit paru konstruktif kronis (PPOK)

Sesuai dengan organ yang diserangnya, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dapat menimbulkan pernapasan menjadi sulit seiring waktu. Ini termasuk bronkitis kronis dan emfisema.

Mengutip laman Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes, faktor risiko PPOK meliputi:

4. Kebiasaan merokok

  • Riwayat terpajan polusi udara
  • Hipereaktif bronkus
  • Riwayat infeksi saluran napas bawah berulang
  • Defisiensi antitripsin alfa

5. Infeksi saluran pernapasan bawah

Penyakit yang termasuk dalam infeksi saluran pernapasan bawah diantaranya adalah bronkitis, bronkiolitis, ataupun pneumonia. 

Thestar menyebut, faktor risiko infeksi saluran pernapasan bawah ini beragam, seperti:

Faktor risiko untuk infeksi saluran pernapasan bawah meliputi:

  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Tempat penitipan anak atau bayi yang ramai
  • Asma
  • HIV
  • Influenza
  • Kualitas udara yang buruk atau sering terpapar iritasi paru-paru
  • Merokok

6. Diabetes

Penyakit yang berkaitan dengan gula dalam darah ini juga termasuk dalam penyakit yang mematikan di dunia. Umumnya penyakit ini menyerang orang berpenghasilan rendah hingga menengah.

Diabetes juga termasuk oenyakit yang tidak bisa dicegah, tetapi keparahan gejala bisa dikendalikan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

7. Kanker pernapasan

Ada beberapa penyakit yang termasuk dalam kategori kanker pernapasan, seperti kanker trakea, kanker laring, kanker bronkus dan kanker paru-paru. Terutama di negara di kawasan Asia yang masih menggunakan batu bara untuk memasak.

Dalam jurnal European Review for Medical and Pharmacological Science, para peneliti memperkirakan, kanker pernapasan akan meningkat hingga 81 persen bahkan 100 persen di negara berkembang akibat merokok dan polusi.

8. Dehidrasi akibat diare

Ketika terlalu sering buang air besar atau alami diare, tubuh akan alami dehidrasi. Ini terjadi setelah alami daire selama berhari-hari. Karena, saat buang air besar terlalu sering, tubuh akan kehilangan banyak garam dan air yang menyebabkan dehidrasi.

Diare biasanya disebabkan oleh virus ataupun bakteri yang ditularkan melalui air yang terkontaminasi. Tidak heran jika cara mencegah diare yang tepat adalah dengan menyediakan sanitasi dan kualitas air yang baik.

9. Alzheimer dan Demensia

Alzheimer adalah salah satu jenis demensia, juga jenis yang paling banyak menyerang. Sekitar 50 hingga 75 persen penderita demensia adalah penderita alzheimer. Demensia sendiri menurut Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, merupakan gangguan mental organik yang menimbulkan perubahan pada pikiran sikap, perilaku ataupun perasaan.

10. Tuberkulosis

Penyakit yang dikenal dengan sebutan TBC ini bisa menyebabkan penderita HIV meninggal karenanya. Sekitar 35 persen pasien HIV meninggal karena TBC. 

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycrobacterium Tuberculosis yang bisa dicegah oleh vaksinasi vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG) pada anak.

11. Sirosis

Sirosis merupakan penyakit yang melibatkan kerusakan hati dan jaringan parut kronis akibat penyakit ginjal seperti hepatitis ataupun kecanduan alkohol.

Hal ini dikarenakan hati yang menyaring zat berbahaya dari dalam darah, termasuk alkohol, untuk kemudian darah sehatnya disebarkan ke seluruh tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit Gejala Penyakit penyakit menular diare
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top