Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Temporomandibular Joint, Penyebab dan Cara Menanganinya

Mengenal penyakit Temporomandibular Joint, penyebab, gejala, pencegahan dan cara menyembuhkannya.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 18 November 2022  |  17:32 WIB
Apa Itu Temporomandibular Joint, Penyebab dan Cara Menanganinya
Temporomandibular Joint
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang influencer makanan di TikTok tengah menjadi pembicaraan. Pasalnya cara makannya berubah dari semula mengunyah biasa, kini bibirnya menjadi lebih maju ketika mengunyah. Terlebih, Influencer makanan dengan akun Meimei Mecin itu selalu kesulitan kala membuka mulutnya.

Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 17,6 juta warganet itu, Meimei memperlihatkan kumpulan rekaman rahangnya yang selalu bersuara ketika dia membuka mulut. Selain bersuara, Meimei juga terlihat kesakitan saat suara itu muncul. Di video tersebut Meimei juga menyertakan tagar tmjdisorder serta clickingsound.

Hal ini lantas mengundang berbagai respon dari warganet. Di video-video selanjutnya Meimei selalu mendapatkan pertanyaan tentang caranya membuka mulut yang cenderung kecil dan tidak lebar serta caranya mengunyah yang sedikit lebih monyong dari orang pada umumnya.

Seorang dokter yang juga merupakan Influencer kesehatan di TikTok, dr. Ayman Alatas pun turut memberikan tanggapan terhadap Meimei Mecin.

Menurut dr. Ayman, Meimei Mecin alami jaw popping yang timbul akibat menggerakkan rahang yang disebabkan oleh temporomandibular joint (TMJ). 

“Jadi kondisi itu namanya jaw popping, dimana adanya suara gara-gara kita menggerakkan rahang, biasanya pas lagi buka mulut. Hal itu bisa terjadi karena adanya disfungsi lah bahasanya di sendi temporomandibular,” Jelas dr. Ayman melalui laman TikToknya.

dr. Ayman juga menyebutkan disfungsi bisa timbul akibat kebiasaan mengunyah permen karet, menggerakkan rahang serta menggertakkan gigi. Meskipun demikian, dr. Ayman menyarankan agar tidak terlalu khawatir dengan TMJ ini.

“Pada intinya hal ini tuh tidak perlu terlalu dipikirkan, tapi misalkan timbul nyeri, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter ya,” pungkas dr. Ayman.

Mengutip laman Mayoclinic, TMJ merupakan kondisi saat engsel atau sendi yang menghubungkan tulang-tulangan ke tengkorak bergeser. Di setiap sisi rahang, manusia memiliki satu sendi.

TMJ dapat menimbulkan rasa sakit saat sendi rahang dan otot mengontrol gerakan rahang. Rasa sakit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti cedera rahang, genetika ataupun sadang sendi.

Gejala yang timbul akibat TMJ meliputi:

Nyeri atau kelembutan doa Anda
Nyeri pada salah satu atau kedua sendi temporomandibular
Sakit di dalam dan sekitar telinga Anda
Sakit wajah sakit
Kesulitan untuk membuka atau menutup mulut
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gejala Penyakit penyakit penyakit tidak menular
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top