Pedagang menata jahe merah yang dijual di Pasar Rumput, Jakarta, Rabu n(4/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Daftar 5 Makanan dan Minuman yang Bikin Badan Hangat

Mia Chitra Dinisari
Senin, 21 November 2022 - 09:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di musim hujan, pastinya rasa kedinginan akan lebih terasa oleh Anda.

Selain memakai payung agar tidak kehujanan dan kedinginan, biasanya orang memakai pakaian lebih tebal agar tidak merasa kedinginan.

Tapi, ternyata, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu menghangatkan badan lho. 

Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa bikin badan hangat

1. Biji dan kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan tinggi omega-3, yaitu lemak esensial yang berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung dan mengamankan tubuh dari peradangan, harus dikonsumsi di musim ini. Contohnya termasuk biji bunga matahari, kenari, hati rami, biji labu, biji rami, dan biji chia.

Makanan ini mengantarkan magnesium ke tubuh dan juga merupakan sumber protein yang bagus. Biji-bijian dan kacang-kacangan baik untuk usus membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat juga.

2. Air

Selama musim dingin, orang cenderung kurang haus dan minum lebih sedikit air. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan meskipun tampaknya kontraproduktif, sama pentingnya untuk minum air selama musim dingin.

Air mengatur suhu tubuh. Dengan dehidrasi, suhu inti tubuh terpengaruh oleh karena itu penting untuk menutup botol air.

3. Jahe

Pilihan yang lebih baik daripada asupan kopi/kafein adalah teh jahe panas. Jahe dapat membantu menghilangkan rasa mual dan mengurangi peradangan yang artinya merupakan senjata ampuh untuk melawan flu biasa.

Jahe menghangatkan tubuh dan mengatur suhu tubuh. Ini juga memudahkan pencernaan, meningkatkan metabolisme dan meningkatkan aliran darah - semua hal yang diperlukan saat tubuh membeku. Selain teh, jahe bisa ditambahkan ke sup, semur, dan terkadang bahkan smoothie.

4. Ikan

Sering direkomendasikan oleh orang tua, ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang bagus. Memberikan vitamin D pada tubuh, ikan seperti salmon dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan meningkatkan fokus mental. Di musim yang sering menyebabkan kantuk dan energi berkurang, ikan bisa membantu.

5. Telur

Makanan terbaik untuk membuat Anda tetap hangat dan sehat di musim dingin ini
Telur disebut "pembangkit energi" karena suatu alasan. Suasana hati yang mengantuk dan energi rendah dapat diatasi jika Anda menjaga tubuh tetap penuh dengan energi yang ditawarkan telur. Mereka kaya akan vitamin dan protein yang dapat membantu melawan infeksi dengan membangun kekebalan tubuh. Telur juga bisa menjaga kadar vitamin D tetap tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro