Kutek/wisegeek.org
Fashion

Catat, Ini Ciri-Ciri Kuteks Halal yang Boleh Digunakan Menurut MUI

Widya Islamiati
Senin, 28 November 2022 - 17:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu komponen untuk mempercantik diri baik kuku tangan ataupun kuku kaki yang lazim digunakan oleh perempuan, kuteks. Namun, perempuan muslim kerapkali bermasalah dengan penggunaan kuteks ini. 

LPPOM MUI melalui laman Instagram resminya menyebutkan, penggunaan kuteks dalam Islam bisa saja dihukumi haram, dengan pertimbangan beberapa hal. 

Tetapi, LPPOM MUI juga menyebut, kini sudah ada beberapa perusahaan pembuat kuteks yang mulai memproduksi beberapa merek kuteks yang halal dan sah digunakan saat menjalankan kewajiban ibadah salat.

Memang kini, untuk menambahkan kesan dekoratif, formula pembuatan kuteks ini, kini terus dikembangkan, seperti berbagai bahan dan campuran berbagai zat.

Lalu bagaimana ciri-ciri atau kriteria kuteks yang bersertifikat halal?

Produk terbebas dari bahan-bahan najis: Salah satu syarat sah salat adalah suci dari najis, sehingga apapun yang menempel di badan haruslah suci, termasuk kutek yang menempel di kuku.

Produk harus dipastikan memiliki sifat tembus air dengan dibuktikan telah lolos melalui uji daya tembus air: Hal ini lantaran, syarat sah seseorang berwudu adalah meratakan air keseluruh badan anggota wudu, salah satunya tangan dan jari tangan, termasuk kuku.

Halal Audit Quality Board of LPPM MUI Mulyorini Rahayuningsih, juga menerangkan, kosmetika waterproof yang tidak tembus air atau kosmetika yang tidak dilakukan uji daya tembus air, tetap bisa disertifikasi. Namun, dengan syarat produk tersebut memiliki penggunaan terbatas dari segi waktu, seperti sunscreen.

Lalu, untuk perusahaan yang memproduksi kuteks juga harus memberikan catatan yang jelas pada kemasan ataupun leaflet khusus digunakan bagi pengguna yang akan beribadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro