Kopi/Istimewa
Health

Awas! Konsumsi Kopi Berlebih Berisiko Merusak Jantung dan Ginjal

Dewi Andriani
Sabtu, 3 Desember 2022 - 17:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak masyarakat yang memilih mengonsumsi produk penambah tenaga atau energy booster seperti kafein untuk meningkatkan stamina. Namun, konsumsi berlebih justru dapat meningkatkan risiko kesehatan.

Arif Firiandri Yulius, Sp.GK, AIFO-K, dokter spesialis gizi klinik di Nutrif Clinic & Nutrif Farma di Bandung mengatakan masyarakat yang tidak kuat mengonsumsi kafein sebaiknya menghindarinya karena berisiko terkena penyakit jantung.

Sebab, penggunaan produk yang berlebihan dan dalam jangka panjang berakibat buruk terhadap kesehatan karena ginjal dan jantung diforsir bekerja lebih keras. Apalagi jika seseorang memiliki riwayat sakit lambung, perlu berhati-hati dalam mengonsumsi kafein karena dapat memicu sakit lambung, sehingga proses pencernaan akan terganggu.

"Minuman yang mengandung kafein ini biasanya juga mengandung tanin yang dapat mengganggu penyerapan zat besi," ujar dr. Arif.

Menurut dr. Arif ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina tanpa mengonsumsi kafein maupun energy booster lainnya. Kiat-kiat tersebut di antaranya mengonsumsi makan bergizi seimbang; meminum paling sedikit dua liter air; manajemen stres; tidur cukup dari tujuh hingga delapan jam setiap hari; olahraga teratur satu jam sehari, tiga hingga empat kali seminggu; dan jauhi alkohol berlebihan dan rokok.

Di samping itu, seseorang juga bisa mengonsumsi multivitamin maupun mineral yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap bugar. Sebab selain dapat memulihkan stamina, kesehatan akan terjaga.

Bagus Arigunanto, Product Manager Nutrafor Gold Coffee mengatakan kebiasaan konsumen untuk memulihkan stamina dan mood dengan mengonsumsi energy booster, suplemen, jamu, atau kopi menjadi peluang yang menjanjikan ketika kata 'kopi' bisa dibuat menjadi 'bukan sekadar kopi'.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menghadirkan Nutrafor Gold Coffee, kopi serbuk siap seduh yang memiliki komposisi lengkap seperti siberian ginseng, Omega 3, vitamin B kompleks, zinc, dan kalsium yang tidak dimiliki kopi lain, dan komposisi multivitamin yang terkandung dalam kopi sejenis.

Menurut dr. Arif, siberian ginseng bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung elemen-elemen yang bertindak sebagai antiperadangan, antitumor, antikanker, menjaga kesehatan liver, memperkuat sistem imun, melindungi sistem saraf, menangkal radikal bebas, serta menstabilkan gula darah.

Ia juga menambahkan bahwa Omega 3 berperan menjaga kesehatan jantung, sistem saraf, kesehatan mata, dan memiliki kandungan antiperadangan. Beragam multivitamin turut menunjang kesehatan organ dan metabolisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro