Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 13 Cara  Menghilangkan Cegukan 

Cegukan dapat memberikan efek buruk seperti gangguan tidur, depresi, hingga kematian.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 03 Desember 2022  |  21:15 WIB
Seorang perempuan sedang cegukan. Cegukan bisa menjadi tanda gangguan sistem saraf pada tubuh. - Eat This
Seorang perempuan sedang cegukan. Cegukan bisa menjadi tanda gangguan sistem saraf pada tubuh. - Eat This
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cegukan menimbulkan tekanan pada dada, perut, dan tenggorokan. Kondisi ini dapat menggangu manusia ketika sedang beraktivitas, terlebih ketika berada di kerumunan.

Dilansir dari Healthline, Sabtu (3/12/2022), dikatakan bahwa cegukan terjadi ketika terdapat kejang atau kontraksi otot di antara tulang rusuk dan diafragma yang merupakan otot terbesar yang bertanggung jawab untuk bernapas.

Selama terjadinya salah satu kejang ini, manusia akan menghirup udara. Kemudian, udara akan melewati pita suara dan menghasilkan suara 'hik' atau cegukan.

Cegukan sering dianggap tidak berbahaya. Namun, cegukan rupanya tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebab, cegukan dapat memberikan efek buruk seperti gangguan tidur, depresi, hingga kematian.

Cegukan berkepanjangan yang berlangsung lebih dari 48 jam dapat disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan, gangguan saraf, gangguan pada otak, gangguan di rongga dada, gangguan jantung, bahkan gangguan pada mental.

Beberapa hal yang dapat memicu cegukan menurut Healthline:

– Makan terlalu cepat

– Makan berlebihan

– Konsumsi soda berlebih

– Perubahan suhu mendadak

– Cemas dan stres

– Konsumsi minuman beralkohol

– Banyak menelan udara saat makan permen 

Ini 13 cara menghilangkan cegukan dengan mudah: 

1. Tutup mulut

Cobalah untuk meletakkan tangan ke hidung dan mulut. Kemudian tetaplah bernapas dengan normal. Dosis ekstra karbon dioksida diyakini akan membantu menghilangkan cegukan.

2. Menjulurkan lidah (melet)

Menjulurkan lidah dapat dilakukan untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf inilah yang mempengaruhi otot-otot mulut dan tenggorokan, yang berperan dalam mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

3. Mengemut gula

Selain kedua cara tadi, mengemut gula juga dapat dicoba untuk menghilangkan cegukan. Gula yang dapat digunakan adalah gula batu dan gula pasir.

Cara ini diyakini efektif dalam menghilangkan cegukan lantaran gula dapat merangsang otot diafragma. Lakukan cara ini selama 5 menit, kemudian telan atau keluarkan gula dari mulut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Cegukan Gejala Penyakit penyakit dada
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top