Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Insecure: Penyebab, Gejala, Jenis, dan Cara Mencegahnya

Insecure adalah rasa tidak aman yang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  09:26 WIB
Insecure: Penyebab, Gejala, Jenis, dan Cara Mencegahnya
Insecure_ Penyebab, Gejala, Jenis, dan Cara Mencegahnya (freepik)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Insecure adalah perasaan yang bisa dirasakan siapa saja. Insecure artinya perasaan tidak aman yang bisa dirasakan setiap orang. Insecure memunculkan perasaan cemas, tidak percaya diri, dan tidak mampu.

Selain mengetahui apa itu insecure, perlu juga mengetahui penyebab, jenis, dan cara mengatasinya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab Insecure

Rasa tidak aman alias insecure tidak muncul begitu saja. Melansir dari SehatQ, berikut ini beberapa hal yang menyebabkan munculnya insecure.

1. Takut ditolak dan gagal

Insecure bisa terjadi karena perasaan takut gagal dan ditolak. Padahal, risiko kegagalan dan ditolak bisa dirasakan siapa saja. Maka dari itu, kita harus bisa berdamai dengan kegagalan dan penolakan agar tidak muncul rasa insecure.

2. Perfeksionis

Sifat perfeksionis atau rasa ingin selalu sempurna juga bisa memunculkan rasa tidak aman atau insecure. Selalu ingin sempurna bisa memicu rasa kecewa saat hal yang diinginkan tidak terjaadi. Hal tersebut yang membuat kita seringkali khawatir dan merasa tidak aman.

3. Rasa tidak percaya diri

Penyebab insecure berikutnya yaitu rasa tidak percaya diri. Perasaan ini biasanya muncul karena rasa cemas dan takut atas penilaian buruk seseorang. Bagi sebagian orang, perasaan ini seringkali muncul saat berada di keramaian. Itulah yang mengakibatkan seseorang bisa merasa insecure.

4. Pola asuh yang keliru

Insecure juga bisa diakibatkan oleh pola asuh orang tua yang kurang tepat. Orang tua yang terlalu keras, lalai, bahkan kasar akan membentuk sifat anak yang mudah insecure.

5. Perundungan

Bullying atau perundungan juga dapat menjadi penyebab insecure. Sudah bukan rahasia lagi, kalau bullying seringkali membuat seseorang merasa tidak aman dan insecure. Tak hanya itu, rasa trauma juga membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental.

menjadi pemicu munculnya rasa tidak aman bagi korbannya. Bullying bahkan bisa menyebabkan korban ketakutan dalam waktu yang sangat lama. Rasa trauma ini yang bisa membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental.  

Gejala Insecure

Insecure yang dirasakan seseorang sebenarnya bisa dilihat lewat gejala atau tanda tertentu. Menurut penjelasan di Halodoc, berikut beberapa gejala insecure yang perlu diwaspadai.

Berupaya membuat lawan bicaranya insecure dengan menunjukkan kelebihan supaya tampak hebat di mata orang lain.

  • Sering pamer atau sombong tetapi dengan cara merendah.
  • Menceritakan pencapaian orang lain, supaya dianggap lebih tinggi dan memiliki hidup yang sempurna.
  • Menyalahkan diri sendiri apabila ada hal yang tidak sesuai rencana.
  • Rasa percaya yang rendah kepada orang lain.
  • Benci pada orang lain yang dianggap lebih darinya.

Jenis-jenis Insecure

Rasa insecure ternyata terbagi menjadi beberapa jenis. Dilansir dari SehatQ, berikut beberapa jenis insecure yang perlu diketahui.

1. Insecure di dalam hubungan

Rasa tidak aman juga bisa muncul dalam hubungan, tak terkecuali dalam hubungan antara anak dengan orang tua. Anak yang tidak dengan orang tua bisa merasa tidak nyaman dan tidak aman.

2. Insecure terhadap penampilan

Penampilan seringkali membuat seseorang tidak percaya diri dan membuat seseorang merasa insecure. Contoh insecure ini seringkali dirasakan seseorang yang dianggap memiliki penampilan berbeda dengan orang lain.

3. Insecure atas pekerjaan yang dimiliki

Pekerjaan yang juga tidak sesuai dengan harapan juga seringkali menimbulkan rasa tidak aman. Perasaan tersebut terkadang muncul karena takut mendapatkan penilaian tidak baik dari orang lain karena pekerjaan yang dimilikinya.

Cara Mencegah Insecure

Insecure bisa membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. Maka dari itu, sebaiknya perasaan ini dihindari. Melansir dari Alodokter, berikut cara agar tidak insecure.

1. Membuang seluruh pikiran negatif

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghindari insecure yaitu dengan membuang pikiran negatif. Rasa insecure biasanya muncul saat kita terlalu berpikir hal yang buruk. Jadi, mulai saat ini berpikirlah hal-hal yang baik agar tidak insecure.

2. Menerima hasil walaupun tidak sesuai keinginan

Cara mengatasi insecure lainnya yaitu dengan belajar menerima hasil yang didapatkan meskipun tidak sesuai dengan yang diharapkan. Rasa perfeksionis akan membuat seseorang merasa insecure, oleh karena itu sebaiknya hindari perasaan perfeksionis yang terlalu berlebihan.

3. Termotivasi saat gagal

Perlu dimengerti bahwa dalam hidup tidak selalu berhasil. Jika mengalami kegagalan, sebaiknya terima kegagalan tersebut dan jadinyanya sebagai motivasi. Dengan demikian, rasa insecure bisa dihindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Insecure Bullying kesehatan mental kesehatan percaya diri
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top