Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak Ciri-Ciri Orang Manipulatif dan Cara Menghadapinya

Manipulatif adalah sifat buruk yang ditandai dengan kegemaran memanfaatkan orang lain dengan sengaja demi kepentingan pribadi. Berikut penjelasan lengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  10:42 WIB
Simak Ciri-Ciri Orang Manipulatif dan Cara Menghadapinya
Ciri Orang Manipulatif dan Cara Menghadapinya (freepik)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manipulatif adalah sifat yang dimiliki seseorang dan termasuk sifat buruk yang harus dihindari. Sifat ini dapat merugikan orang yang yang menjadi korban manipulasi. Manipulatif merupakan sifat seseorang yang dengan sengaja memanfaatkan orang lain untuk keuntungan diri sendiri.

Seseorang yang punya sifat manipulatif ini biasanya selalu berusaha untuk terus mengendalikan, memanfaatkan, serta mengorbankan orang lain untuk kepentingannya sendiri. Sifat ini dapat dimiliki oleh siapa saja bahkan tanpa disadari.

Selain mengetahui apa itu manipulatif, Anda juga perlu memahami ciri-ciri orang yang manipulatif dan cara menghadapinya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Ciri Ciri Orang Manipulatif

Seseorang yang memiliki sifat manipulatif kebanyakan memiliki ciri umum yang mirip. Meskipun memang ciri-ciri ini tidak selalu membuat seseorang menjadi orang yang manipulatif. Berikut ini beberapa ciri yang biasanya dimiliki orang manipulatif.

1. Selalu Ingin Didatangi

Ciri pertama dari manipulatif yaitu selalu ingin didatangi. Orang yang memiliki sifat manipulatif tidak suka dan tidak ingin mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk berurusan dengan seseorang. Pada saat mengadakan sebuah acara maka seseorang yang manipulatif akan mencari tempat yang tidak merepotkan bagi dirinya.

2. Merasa Akrab Terlalu Cepat

Seseorang yang memiliki sifat manipulatif cenderung cepat merasa akrab kepada seseorang. Seseorang yang mudah akrab dan senang bercerita bisa jadi merupakan seseorang yang manipulatif. Hal ini merupakan trik seorang yang manipulatif mendapatkan rahasia terdalam seseorang atau sesuatu yang bersifat privasi.

Contoh manipulatif yaitu Anda berkenalan dengan seseorang dan saling bertukar cerita melalui aplikasi chatting. Kemungkinan mereka ingin memegang rahasia dengan metode manipulatif yang sering dilakukan. 

3. Meminta Lawan Bicara Untuk Mengawali Pembicaraan

Ciri seseorang yang memiliki sifat manipulatif selanjutnya yaitu selalu meminta lawan bicaranya untuk memulai pembicaraan. Hal ini memang termasuk sikap yang sopan dan menghargai. Tetapi sikap ini juga merupakan ciri dari seseorang yang manipulatif. 

Taktik ini termasuk yang sangat populer dilakukan oleh seorang yang manipulatif untuk hal bisnis maupun hubungan pribadi. Seseorang yang manipulatif biasanya akan membiarkan hal ini terjadi untuk dapat membolak-balikkan kata dari lawan bicara. 

4. Memutarbalikan Fakta

Ciri selanjutnya dari orang yang manipulatif yaitu pintar untuk memutar balikan fakta. Manipulator ini sering menyampaikan suatu kebohongan serta karangan yang membingungkan dan justru hal tersebut membuat orang lain tampak bersalah. 

Cara Menghadapi Orang Manipulatif

Tentu dalam menjalin sebuah hubungan kita tidak ingin menghadapi orang yang manipulatif. Oleh karena itu, perlu ada cara atau trik yang harus dilakukan untuk menghadapi orang yang manipulatif. Berikut ini beberapa cara yang perlu dilakukan.

1. Bagi Pasangan

Dalam menghadapi pasangan yang manipulatif pertama-tama perhatikan cirinya terlebih dahulu. Kemudian komunikasikan hal tersebut dengan pasangan dan tanyakan apa yang ingin dilakukannya. Sampaikan juga terkait dengan keresahan dan atur batasan sejauh Anda dapat mentoleransi sikap tersebut.

2. Bagi Orang Tua

Cara untuk menghadapi orang tua yang manipulatif yaitu dengan menyampaikan keresahan kepada orangtua Anda dengan cara yang tenang. Sesuaikan juga cara Anda berkomunikasi dan juga kata-kata yang tepat dengan sifat orang tua. 

3. Bagi Atasan dan Rekan Kerja

Menghadapi rekan kerja dan karyawan yang manipulatif juga tentu membuat Anda tidak nyaman. Sampaikan keluh kesahmu dan jangan sampai membuat Anda diberhentikan atau dimutasi. Apabila ada supervisor ataupun manager yang manipulatif maka sampaikan kepada yang memiliki jabatan lebih tinggi. 

4. Bagi Teman

Cara untuk menghadapi teman yang manipulatif yaitu dengan bersama-sama memikirkan solusi dan memperbaiki situasi yang ada. Bangun batasan dan juga jaga jarak untuk kesehatan mental yang Anda miliki. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai orang manipulatif, agar anda bisa menghadapi orang yang bersikap manipulatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manipulasi Manipulatif gaya hidup hubungan Tips Kerja
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top