9 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami - pexels
Fashion

Ini 9 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami dan Ampuh

Nuraini
Senin, 2 Januari 2023 - 20:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jerawat adalah gangguan kulit yang bisa dialami siapa saja. Meskipun demikian, jerawat bisa membuat seseorang yang mengalaminya merasa kurang percaya diri. Hal inilah yang membuat banyak orang mencari cara menghilangkan jerawat dengan cepat.

Melansir dari Halodoc.com, ternyata ada sejumlah bahan alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan bawang merah memiliki kandungan sulfur.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan bawang putih yaitu potong bawang menjadi bagian kecil, lalu tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Mentimun

Selain bawang putih, mentimun juga dipercaya bisa menghilangkan jerawat secara alami. Mentimun mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin, dan asam amino.

Anda bisa mengaplikasikan mentimun pada wajah selama 15 menit. Lalu, bilas menggunakan air bersih.

3. Putih telur

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat berikutnya yaitu dengan menggunakan putih telur. Bahan alami ini mengandung enzim lysozyme yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Anda hanya perlu mencampurkan putih telur dengan air lemon.

Setelah itu, gunakan sebagai masker. Tunggu selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Air perasan lemon

Buah lemon diketahui mengandung asam askorbat yang tinggi. Kandungan inilah yang membuat air lemon bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat.

Caranya dengan mengoleskan air perasan lemon di wajah. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

5. Lidah buaya

Menggunakan masker dari gel lidah buaya juga dipercaya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Lidah buaya mengandung senyawa polifenol yang bisa membersihkan jerawat pada kulit.

Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya pada wajah yang berjerawat. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih setengah jam dan bilas dengan air bersih.

6. Madu

Madu terkenal sebagai pemanis alami yang baik untuk kesehatan. Selain itu, madu juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Anda hanya perlu mengoleskan madu pada wajah. Lalu, diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

7. Tomat

Cara alami menghilangkan jerawat juga bisa dengan menggunakan tomat. Tomat diketahui mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaat dari tomat, Anda hanya perlu menempelkan potongan tomat di wajah. Kemudian tunggu selama setengah jam dan bilang menggunakan air bersih.

8. Pepaya

Buah pepaya juga diketahui bisa mengatasi masalah jerawat di wajah. Hal tersebut dikarenakan buah pepaya mengandung enzim papain yang bisa mengangkat sel kulit mati. Anda bisa menggunakan buah pepaya sebagai masker. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air bersih.

9. Cuka apel

Cara menghilangkan jerawat berikutnya yaitu dengan menggunakan cuka apel. Bahan alami ini termasuk antiseptik alami yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda bisa mengoleskan cuka apel ke wajah dengan menggunakan kapas. Kemudian, diamkan selama lima menit dan bilas wajah dengan air bersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Lakukan cara tersebut secara rutin agar hasilnya maksimal.

Akan tetapi, jika dijumpai tanda peradangan atau hal lain yang memperparah kondisi jerawat, hentikan perawatan tersebut dan segeralah untuk konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro