7 Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Diketahui (pixabay)
Health

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Obat Kanker

Nuraini
Kamis, 12 Januari 2023 - 21:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tanaman pepaya, ternyata tak hanya buahnya yang memiliki manfaat. Daun tanaman ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Apa manfaat daun pepaya untuk tubuh? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Kandungan Daun Pepaya

Sebelum mengulas lebih jauh seputar khasiat daun pepaya, tak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu kandungan yang terdapat daun bercita rasa pahit ini. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram daun pepaya segar terdapat kandungan nutrisi, seperti; air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan abu.

Selain itu, daun pepaya juga mengandung kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng. Nutrisi lainnya yang ada dalam daun pepaya antara lain; beta karoten, karoten total, vitamin B1 vitamin B2, niasin, dan vitamin C.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun pepaya membuatnya memiliki banyak manfaat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan yang perlu diketahui.

1. Membantu menurunkan darah tinggi

Daun pepaya diketahui bisa membantu menurunkan darah tinggi. Manfaat daun pepaya untuk darah tinggi ini bisa diperoleh dengan cara meminum rebusan daun pepaya. Anda bisa merebus sekitar lima daun pepaya dalam air sebanyak setengah liter. Anda juga dapat menambahkan madu atau gula untuk mengurangi rasa pahit.

2. Dapat menjadi obat kanker

Manfaat rebusan daun pepaya lainnya yaitu bisa membantu mengobati kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Pharmacology menyatakan bahwa daun pepaya memiliki potensi menghambat pertumbuhan sel kanker di kulit, prostat, dan payudara.

Senyawa aktif dalam daun pepaya memiliki sifat sitotoksik yang bisa membunuh sel kanker dengan cara merusak sel tersebut.

3. Meningkatkan trombosit

Manfaat makan daun pepaya lainnya yaitu dapat membantu meningkatkan trombosit. Sebuah studi berbasis pada hewan pengerat yang diterbitkan oleh Jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine menunjukan bahwa daun pepaya bisa meningkatkan trombosit.

Berdasarkan penjelasan di Healthline, sebuah penelitian yang melibatkan ratusan pasien demam berdarah menyebutkan bahwa ekstrak daun pepaya bisa meningkatkan kadar trombosit secara signifikan.

4. Mengurangi peradangan pada lambung dan susu besar

Daun pepaya diketahui memiliki sifat anti radang yang dapat mengurangi radang pada lambung dan usus besar. Manfaat daun pepaya untuk lambung lainnya yaitu bisa menyembuhkan tukak pada lambung dan membunuh bakteri H. pylori.

5. Menyehatkan kulit wajah

Berdasarkan keterangan di situs puskesmas.kuburaya.go.id, manfaat daun pepaya untuk wajah yaitu bisa membuat kulit lebih bersih dan terlihat awet muda. Kandungan nutrisi dalam daun pepaya diketahui dapat dimanfaatkan sebagai eksfolian untuk mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, enzim dalam daun pepaya juga berguna untuk menyembuhkan luka. Sebuah studi menyebutkan bahwa enzim ini bisa mengurangi risiko jaringan parut di kelinci.

6. Mengurangi nyeri haid

Jus daun pepaya diketahui dapat melancarkan haid bingga mengurangi rasa nyeri saat haid. Daun pepaya diketahui bisa menyeimbangkan hormon dan membuat siklus menstruasi lebih lancar.

7. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Daun pepaya diketahui bisa membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat memicu kerontokan rambut. Selain itu, daun pepaya juga mempunyai sifat anti jamur, sehingga dipercaya bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Itulah sederet manfaat daun pepaya yang perlu diketahui. Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi daun pepaya tidak boleh berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro