Manfaat Susu Kambing, Bernutrisi dan Menyehatkan (pexels)
Health

Kandungan dan Manfaat Susu Kambing, Bernutrisi serta Menyehatkan

Nuraini
Kamis, 12 Januari 2023 - 21:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak hanya bagian dagingnya saja yang dapat dikonsumsi ternyata susu kambing juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh tentu tak lepas karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Lalu apa saja kandungan dan manfaat susu kambing untuk kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Kandungan Susu Kambing

Berdasarkan keterangan di Data Komposisi Pangan Indonesia dalam 100 ml susu kambing terdapat beberapa kandungan zat gizi diantaranya; natrium, besi, kalium, kalsium, karbohidrat, fosfor, protein, energi, lemak, dan air. 

Selain itu, susu kambing segar juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, niasin, retinol, dan betakaroten. 

Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat susu kambing memiliki banyak manfaat. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat susu kambing yang sangat baik untuk kesehatan.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat susu kambing untuk pria dan wanita yang pertama yaitu untuk kesehatan jantung. Kandungan kalium yang cukup dalam tubuh sangat penting untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil. Pada 100 ml susu kambing terdapat miligram kalium. Tekanan darah yang stabil ini akan membuat jantung menjadi lebih sehat. 

2. Rendah lemak

Susu kambing ini merupakan susu yang memiliki kandungan lemak tetapi jumlah lemak di dalam susu kambing lebih sedikit. Kandungan lemak yang ada di susu kambing ini memiliki asam lemak esensial dalam jumlah tinggi yang menjadi sumber energi bagi tubuh dan tidak disimpan menjadi lemak.

Oleh karena itu apabila mengkonsumsi susu kambing lemak tidak akan mengendap menjadi kolesterol. Hal ini juga membuat susu kambing membantu untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Baik untuk kesehatan paru-paru

Ternyata susu kambing juga memiliki manfaat untuk kesehatan paru-paru. Manfaat susu kambing untuk paru-paru ini ditunjang oleh kandungan nutrisi yang dapat menjaga fungsi organ tubuh, tak terkecuali paru-paru. Meskipun demikian, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut. 

Manfaat Susu Kambing Untuk Anak

Susu kambing juga memiliki manfaat yang sangat melimpah untuk anak-anak. dr. Nadia Nurotul Fuadah dalam Alodokter menerangkan bahwa, susu kambing memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Kandungan probiotik ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan bisa digunakan untuk mencegah terjadinya diare. 

Susu kambing juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh. Susu kambing diketahui dapat memperbaiki penyakit seperti asma, penyakit jantung, eksim dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, pemberian susu kambing pada anak juga harus mempertimbangkan banyak hal. Terutama pada anak yang masih berusia 1 tahun. Pastikan terlebih dahulu bahwa anak tidak memiliki reaksi alergi. Oleh karena itu. konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apabila ingin memberikan anak susu kambing.

Manfaat Susu Kambing Untuk Ibu Hamil

Susu kambing juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Manfaat susu kambing bagi ibu hamil diantaranya sebagai berikut.

1. Baik bagi perkembangan janin

Kandungan protein yang lebih tinggi pada susu kambing ini akan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein yang ada pada susu kambing ini cenderung lebih mudah diserap oleh tubuh. 

Pada saat masa kehamilan perlu mengkonsumsi protein yang cukup. Konsumsi protein yang cukup ini akan sangat baik untuk dapat mengoptimalkan perkembangan dari janin dan bisa memperkuat suplai darah baik itu untuk ibu maupun janin.

2. Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat susu kambing ini untuk ibu hamil lainnya yaitu berguna untuk menyehatkan tulang. Kandungan kalsium yang ada pada susu kambing ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro