Cara menghilangkan semut di rumah/Freepik
Relationship

7 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami, Dijamin Langsung Kabur

Hana Fathina
Senin, 16 Januari 2023 - 14:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semut merupakan serangga yang paling sering ditemui di rumah. Biasanya semut datang bergerombolan dan mengerubungi makanan atau minuman manis, dinding berlubang hingga tanaman. untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mengusir semut agar tidak mengganggu kamu. Tidak hanya itu, semut juga suka menggigit dan membuat bentol pada kulit. 

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali lebih dari berat badannya sendiri. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang bisa menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa cara mengusir semut agar tidak datang lagi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Cara Mengusir Semut menggunakan kayu manis 

Kayu manis termasuk kayu manis cassia yang alami dan tidak beracun ternyata bisa membunuh sekaligus baunya bisa mengusir semut. Kayu manis cassia biasanya ditaburkan di atas meja makan dan lantai untuk mengusir dan membasmi semut. 

2. Cara Menghilangkan Semut Menggunakan tepung jagung 

Cara memanfaatkan tepung jagung adalah mencampurkan Sembilan sendok bahan ini dengan satu sendok asam borat dan ditambahkan minyak kedelai atau selai kacang. Campuran ketiga bahan ini bisa ditempatkan di celah-celah yang biasa dilalui semut. 

3. Cara Membasmi Semut Menggunakan jeruk 

Asam alami dari jeruk yang tajam seperti lemon, jeruk purut, jeruk nipis dan jeruk bali bisa mengusir semut dan jejak feromonnya. Jeruk dapat diperas dan hasilnya dimasukkan ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan perasan jeruk ke kusen jendela atau pintu. Jika tidak, gosokkan langsung kulit jeruk dengan air ke lokasi-lokasi tersebut agar semut pergi. 

4. Cara Mengusir Semut Menggunakan kapur 

Kamu bisa menggambar garis kapur di depan tempat semut memasuki rumah. Garis itu akan bertindak sebagai penghalang yang tidak akan mereka lewati. Gambar garis secara berkala agar tetap berfungsi. Cara ini diketahui efektif karena semut tidak menyukai kalsium karbonat dalam kapur dan mengganggu jejak aroma semut. 

5. Cara Mengatasi Semut Menggunakan minyak kayu putih 

Minyak kayu putih merupakan pengusir serangga alami. Caranya, kamu bisa campurkan 5 hingga 10 tetes minyak kayu putih dengan 2 gelas air botol semprot. Lalu semprotkan campuran di sekitar rumah yang biasanya didatangi semut. 

6. Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami berupa garam 

Garam mampu mengeringkan tubuh semut yang kecil dan rapuh yang tentunya menyebabkan mereka kehilangan air dan akhirnya mati karena dehidrasi. Selain itu, garam cepat diserap ke dalam perut dan mulut semut. Sehingga hasilnya tahan lama dan efektif. 

7. Cara Membasmi Semut Menggunakan daun salam 

Semut tidak tahan dengan bau daun salam yang sangat menyengat dan segera berbalik ke tempat yang lebih aman dan tidak terlalu mengancam. Letakkan beberapa lembar daun salam di ambang jendela atau pintu untuk perlindungan dari serangan semut. 

Itulah beberapa cara mengusir semut tanpa membunuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro