Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kandungan dan Manfaat Kurma Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes

Kurma merupakan buah yang rasanya manis dan enak. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut sejumlah manfaat kurma untuk tubuh.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 18 Januari 2023  |  20:50 WIB
Kandungan dan Manfaat Kurma Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes
Manfaat Kurma Bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Diabetes (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kurma merupakan buah yang rasanya manis dengan daging buah lembut. Selain rasanya yang enak, manfaat kurma untuk kesehatan juga sangat banyak.

Penasaran, apa saja manfaat dari buah kurma? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Kandungan Kurma

Kurma diketahui memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai nutrisi yang terdapat dalam buah kurma, sebagai berikut.

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Gula
  • Zinc
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Serat
  • Kalium

Selain itu, beberapa nutrisi lainnya yang ada dalam kurma yaitu vitamin B, asam folat  mangan, vitamin K, dan antioksidan seperti flavonoid. serta lutein.

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan 

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat makan kurma yang harus Anda ketahui.

1. Mengatasi Tukak Lambung

Manfaat kurma untuk lambung yaitu bisa mengatasi penyakit tukak lambung. Tukak lambung merupakan suatu peradangan pada dinding lambung yang sudah iritasi karena asam yang diproduksi lambung terlalu berlebihan.

Konsumsi kurma ini akan sangat membantu bagi penderita tukak lambung. Rutin mengkonsumsi kurma akan sangat baik bagi kesehatan. 

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah kurma selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan tulang. Buah ini mengandung magnesium, fosfor, kalium dan kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kandungan potasium pada kurma ini juga dapat membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang. 

3. Mencegah Risiko Diabetes

Manfaat kurma selanjutnya yaitu bisa untuk mencegah risiko diabetes. Meskipun memiliki cita rasa yang manis, tetapi ternyata kurma bisa sangat berpengaruh dalam mencegah risiko diabetes. Manfaat kurma untuk diabetes ini dikarenakan buah ini mengandung serat yang tidak larut, sehingga cukup lama dicerna oleh tubuh. 

4. Menangkal Radikal Bebas

Kurma ternyata bisa membantu mencegah radikal bebas. Buah kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini bisa melindungi jaringan tubuh dari stress serta peradangan kronis yang dapat menyebabkan penyakit. 

Karotenoid, flavonoid, dan fenolik merupakan bagian dari antioksidan memiliki fungsi yang sangat baik bagi tubuh dalam mencegah kanker. 

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil 

Selain beberapa manfaat di atas, kurma juga ternyata memiliki peran yang sangat baik untuk ibu hamil. Manfaat kurma untuk wanita ini sangatlah beragam, berikut penjelasan selengkapnya. 

1. Sebagai sumber zat besi

Ibu hamil sangat beresiko mengalami anemia defisiensi produksi dan memerlukan zat besi lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Kondisi anemia yang parah  bisa meningkatkan risiko kehamilan prematur serta depresi pasca ibu melahirkan. 

Kurma mengandung zat besi cukup tinggi. Kandungan tersebut bisa membantu ibu hamil dalam memenuhi zat besi dalam tubuh sehingga tidak akan mengalami anemia. Konsumsi kurma akan sangat direkomendasikan untuk penuhi zat besi dan mineral penting lainnya. 

2. Mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil selanjutnya yaitu bisa mencegah cacat lahir. Kurma mengandung folat yang sangat penting bagi ibu hamil karena kandungan ini bisa mencegah cacat lahir pada bayi seperti contohnya spina bifida. Asupan folat untuk ibu hamil biasanya sekitar 600 mcg per harinya. 

Pada kurma dalam 100 gram sajian mengandung 15 mcg folat sehingga sangat disarankan untuk ibu hamil.

Itulah beberapa informasi terkait dengan manfaat kurma bagi kesehatan tubuh. Kurma akan sangat membantu dalam memenuhi nutrisi harian. Meskipun demikian, konsumsi kurma juga harus diimbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kurma diabetes Manfaat tips sehat kesehatan kandungan gizi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top