Manfaat lengkuas bagi kesehatan tubuh/Freepik
Health

Ini 14 Manfaat Lengkuas bagi Kesehatan Pria dan Perempuan

Ileny Rizky
Jumat, 20 Januari 2023 - 13:14
Bagikan

7. Meredakan Eksim

Selain memperlambat penuaan dini, hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa lengkuas secara efektif dapat membantu meredakan eksim, luka bakar, gatal, serta infeksi jamur pada kulit. Dengan dosis vitamin C yang sehat, lengkuas juga membantu peremajaan kulit.

8. Menyehatkan Pencernaan

Lengkuas mampu mengurangi sekresi asam ludah dan pencernaan, sehingga ini akan menenangkan saluran GI. Inilah yang membuat lengkuas sangat bermanfaat bagi pasien maag.

Pada pengobatan alternatif Asia, lengkuas umumnya digunakan untuk membantu mengatasi gas, kram, sembelit, dan menghentikan cegukan. Bahkan, orang Indonesia biasanya mengonsumsi lengkuas parut yang diberikan garam saat keadaan perut kosong untuk meredakan masalah pencernaan.

9. Menyehatkan Otak

Beberapa nutrisi dalam lengkuas telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan otak. Lengkuas juga sangat berkhasiat terhadap kognisi dan dikatakan mampu menghalau depresi. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa dengan mengurangi deposisi plak beta-amiloid di otak, lengkuas ini dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif.

10. Menurunkan Kadar Kolestrol

Kaempferol, quercetin, dan galanin menjadi flavonoid utama dalam lengkuas. Inilah yang menjadikan bahan masakan ini sangat bermanfaat dalam mencegah lonjakan kolesterol. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa ini dapat menghambat sintase asam lemak, sehingga menurunkan kadar kolesterol darah dan trigliserida.

11. Melawan Gangguan Pernapasan

Efek antispasmodik yang dimiliki lengkuas mampu mengurangi dahak, serta melebarkan bronkiolus. Selain itu, ekstrak lengkuas juga dapat membantu mengendalikan atau menenangkan asma dan sindrom gangguan pernapasan akut berkat efek anti-inflamasinya.

Tak hanya itu, menariknya praktisi medis tradisional juga banyak yang menyarankan untuk mengobati penyakit pernapasan, dengan merendam akar lengkuas segar yang baru diparut dalam air panas dan dikonsumsi dalam dua atau tiga kali sehari.

12. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah studi menunjukkan bahwa lengkuas dapat mengurangi kontraksi jantung dan melindungi tubuh dari serangan jantung. Serat mampu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengikat kolesterol yang bersirkulasi dan mengeluarkannya dari sistem. Lengkuas memiliki jumlah serat yang baik, inilah yang membuatnya menjadi bumbu yang ramah jantung.

13. Menjaga Kesehatan Rambut

Lengkuas sebagai pembangkit tenaga antioksidan, asam lemak, vitamin, dan mineral. Artinya, lengkuas dilengkapi dengan sifat antiseptik yang dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala kering, ketombe, penipisan rambut, ujung bercabang, dan banyak lagi.

14. Meredakan Mual

Gingerol, bahan aktif dalam lengkuas dan anggota Zingiberaceae lainnya sangat bermanfaat dalam meningkatkan transportasi gastrointestinal dan mengendurkan otot, yang dapat meredakan mual dan muntah.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro