Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan, serta Efek Sampingnya

Biji buah pepaya ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat biji pepaya untuk tubuh.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 22 Januari 2023  |  12:07 WIB
Ini Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan, serta Efek Sampingnya
6 Manfaat Biji Pepaya yang Jarang Diketahui / Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak hanya buah dan daunnya yang bermanfaat, biji buah pepaya juga ternyata memiliki ragam khasiat untuk tubuh.

Manfaat tersebut didapatkan karena biji buah pepaya juga mengandung nutrisi dan senyawa aktif yang baik untuk tubuh. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

Meski tak sepopuler buah dan daunnya, akan tetapi biji buah pepaya ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa khasiat biji pepaya untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Memelihara kesehatan saluran pencernaan

Sama halnya dengan buahnya, biji pepaya juga diketahui bisa melancarkan saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan biji buah pepaya mengandung serat yang baik untuk tubuh. Dengan demikian, beberapa masalah saluran pencernaan seperti sembelit, radang usus, luka usus, dan wasir bisa dicegah.

2. Menjaga fungsi organ ginjal

Biji pepaya ternyata bisa bermanfaat untuk melindungi fungsi organ ginjal. Manfaat biji pepaya untuk ginjal ini pernah tertuang dalam African Health Sciences. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa tikus yang diberi ekstrak biji buah pepaya mempunyai ginjal yang lebih sehat dan terhindar dari risiko kerusakan.

Selain itu, dalam Journal Molecules juga menerangkan bahwa biji pepaya mengandung antioksidan yang dapat menghambat kerusakan sel ginjal.

3. Mencegah kanker

Manfaat biji pepaya untuk pria dan wanita lainnya yaitu bisa mencegah kanker. Sebuah penelitian yang tertuang dalam jurnal Nutrition and Cancer, menyebutkan bahwa ekstrak biji buah pepaya bisa mengurangi radang dan mencegah kanker. Penelitian lain juga menerangkan biji pepaya berwarna hitam berpotensi mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat.

4. Mengurangi kolesterol

Minyak biji pepaya diketahui bisa mengurangi atau mencegah kolesterol jahat dalam darah. Hal tersebut dikarenakan biji buah ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan tubuh.

5. Membunuh bakteri penyebab keracunan

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan lainnya yaitu bisa membunuh bakteri yang menyebabkan keracunan. Dengan demikian, biji buah pepaya dapat mengobati masalah kesehatan akibat keracunan makanan.

6. Mengurangi risiko infeksi jamur penyebab penyakit

Kandungan biji pepaya berupa vitamin dan mineral diketahui bisa mengurangi risiko infeksi jamur penyebab penyakit. Manfaat ini tertuang dalam Indian Journal of Pharmaceutical Sciences.  

Efek Samping Biji Pepaya Bagi Tubuh

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, konsumsi biji buah pepaya berlebih juga menyebabkan efek samping kurang baik untuk tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukan bahwa konsumsi biji pepaya dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur DNA.

Selain itu, efek samping biji pepaya lainnya yaitu bisa mengganggu fungsi sel sehat dan menurunkan kualitas sperma. Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut seputar dampak negatif biji buah pepaya untuk kesehatan manusia.

Cara Mengkonsumsi Biji Pepaya

Manfaat biji pepaya yang beragam akan dirasakan apabila bahan alami ini dikonsumsi dengan benar. Melansir dari Honestdocs, biji pepaya bisa dikonsumsi dalam dua cara yakni dimakan mentah atau diolah menjadi makanan maupun minuman.

1. Dikonsumsi dalam keadaan mentah

Biji buah pepaya yang dikonsumsi dalam keadaan mentah perlu dikunyah terlebih dahulu karena biji ini cukup keras. Anda bisa menambahkan madu akan rasa pahit dan pedas bisa berkurang.

2. Mengolah biji pepaya menjadi makanan maupun minuman

Selain dikunyah dan ditelan dalam kondisi mentah, biji pepaya juga bisa diolah menjadi makanan atau minuman. Biji pepaya bisa dikeringkan terlebih dahulu, kemudian disangrai. Setelah itu, ditumbuk halus dan taburkan di atas makanan atau minuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pepaya Manfaat kesehatan tips sehat kandungan gizi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top