Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kandungan dan Manfaat Kentang untuk Kesehatan, Apa Saja?

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang bisa menggantikan nasi. Selain mengenyangkan, manfaat kentang juga sangat beragam.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  15:40 WIB
Kandungan dan Manfaat Kentang untuk Kesehatan, Apa Saja?
6 Manfaat Kentang untuk Tubuh, Apa Saja_ / Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kentang merupakan salah satu sayuran kaya nutrisi yang banyak disukai. Manfaat kentang untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi. Mari simak penjelasan seputar kandungan dan manfaat kentang berikut ini.

Kandungan Kentang

Sama seperti sayuran pada umumnya, kentang juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh. Berdasarkan keterangan di Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut beberapa kandungan nutrisi dalam kentang.

  • Karbohidrat (CHO): 13.5 g
  • Energi (Energy): 62 Kal
  • Kalsium (Ca): 63 mg
  • Kalium (K): 396.0 mg
  • Fosfor (P): 58 mg
  • Protein (Protein): 2.1 g
  • Besi (Fe): 0.7 mg
  • Natrium (Na): 7 mg
  • Tembaga (Cu): 0.40 mg
  • Seng (Zn): 0.3 mg
  • Air (Water): 83.4 g
  • Lemak (Fat): 0.2 g
  • Serat (Fibre): 0.5 g
  • Abu (ASH): 0.8 g
  • Thiamin (Vit. B1): 0.09 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0.10 mg
  • Niasin: 1.0 mg
  • Vitamin C : 21 mg

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat umbi kentang mempunyai banyak manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Melansir dari beberapa sumber, berikut ini manfaat kentang untuk kesehatan.

1. Mengontrol kadar gula dalam darah

Salah satu manfaat kentang adalah untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Kentang disekatua mengandung pati resisten yang tidak dapat diserap tubuh sepenuhnya. Saat pati resisten masuk ke usus besar, maka pati tersebut akan menjadi sumber makanan untuk bakteri baik di susu.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pati ini bisa memaksimalkan fungsi insulin atau hormon yang mengendalikan gula darah. Penelitian dalam jurnal Medicine (Baltimore), konsumsi makanan yang mengandung pati resisten pada penderita diabetes tipe 2 akan membuat gula darah lebih stabil.

2. Memelihara kesehatan saluran pencernaan

Manfaat makan kentang juga bisa memelihara kesehatan pencernaan. Kandungan pati resisten berguna untuk membantu memelihara bakteri baik. Nantinya, bakteri tersebut akan mengubah pati menjadi asam lemak yang rantainya pendek.

Asam lemak dengan rantai pendek ini akan mengurangi risiko radang usus besar, meningkatkan kekuatan usus besar, dan mengurangi risiko kanker usus besar.

3. Meningkatkan fungsi otak dan saraf

Manfaat kentang bagi tubuh lainnya yaitu bisa meningkatkan kesehatan saraf dan otak. Vitamin B6 yang ada dalam kentang diketahui bisa memicu ketersediaan bahan kimia otak, seperti serotonin, norepinefrin, dan dopamin. Dengan demikian, makan kentang bisa mengatasi depresi, gangguan kecemasan, hingga stres.

4. Mengatasi jerawat

Selain bermanfaat untuk tubuh, kentang juga diketahui memiliki manfaat untuk kulit. Salah satu manfaat kentang untuk kulit yaitu bisa mengatasi jerawat. Manfaat kentang untuk wajah ini ditunjang oleh sifat anti radang yang dimilikinya. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian dalam Jurnal Life Sciences, kandungan anti radang pada ekstrak kulit kentang bisa mengatasi radang kulit karena jerawat.

Manfaat Kentang untuk Ibu Hamil dan Anak-anak

Kentang juga termasuk makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil dan anak-anak. Bahkan, kentang diketahui bisa diolah menjadi menu MPASI pada bayi. Adapun manfaat kentang untuk bayi dan ibu hamil, seperti berikut.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat dari kentang untuk ibu hamil yaitu bisa meningkatkan imun tubuh. Perlu diketahui bahwa, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat agar terhindar dari penyakit. Kentang diketahui mengandung vitamin C dan B yang bisa meningkatkan imun tubuh.

Selain meningkatkan imun tubuh pada ibu hamil, kentang juga bisa meningkatkan imun tubuh pada bayi dan anak-anak.

2. Meningkatkan energi

Saat hamil, tubuh perempuan akan mudah lelah. Konsumsi makanan bernutrisi bisa memberikan energi lebih pada ibu hamil. Kentang diketahui mengandung karbohidrat yang bisa meningkatkan energi pada ibu hamil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kentang Manfaat kandungan gizi kesehatan tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top