Papan Hollywood di Los Angeles, California, Amerika Serikat/Bloomberg/Jill Connelly
Entertainment

Daftar Penulis Skenario Terkaya di Hollywood dan Nilai Kekayaannya

Arlina Laras
Rabu, 1 Februari 2023 - 14:09
Bagikan

6. Adam McKay

Tidak diragukan lagi, Adam McKay adalah salah satu penulis skenario dan komedian paling berbakat, produktif, dan lucu di Hollywood. 

Harta kekayaannya mencapai US$40 juta atau setara dengan Rp599,6 miliar.

McKay adalah penulis yang sangat berbakat sehingga pekerjaan pertama dalam karirnya adalah sebagai penulis utama untuk acara komedi sketsa NBC Saturday Night Live (SNL) pada usia 27 tahun.

Dia juga pernah memproduksi film seperti Daddy's Home, The Big Short, Land of The Lost , dan masih banyak lagi. Menurut HollywoodsMagazine, film terbarunya, Don't Look Up, yang dibintangi McKay sebagai sutradara, produser, dan penulis skenario, menerima nominasi Academy Award untuk Film Terbaik dan Skenario Asli Terbaik pada tahun 2022.

7. David Koepp

David Koepp sempat mendapatkan penghargaan sebagai penulis skenario paling sukses kesembilan sepanjang masa dalam hal penerimaan box office AS dari film-filmnya, yang meraup lebih dari US$2,5 miliar atau setara dengan Rp37,4 triliun. 

Dengan harta kekayaan sebesar US$35 juta atau setara dengan Rp524,7 miliar, beberapa film terkenal yang ditulis oleh Koepp, antara lain Jurassic Park, The Lost World: Jurassic Park, Indiana Jones dan The Kingdom of the Crystal Skull dibintangi oleh aktor Harrison Ford, megabintang Al Pacino's Carlito's Way, Mission Impossible dan War of the Worlds dibintangi oleh Tom Cruise , dan Premium Rush dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt dan beberapa aktor dinamis Michael Shannon.

8. Terry Rossio

Terry Rossio mungkin tidak banyak dibicarakan oleh banyak penulis skenario yang disebutkan dalam daftar ini, tetapi itu bukan berarti dia tidak berbakat.  

Bermula ketika Rossio dan rekan penulisnya, Ted Elliott, menulis komedi animasi tersebut Aladdin, yang meraup US$504 juta atau setara dengan Rp7,5 triliun di seluruh dunia kala itu. 

Lalu, berlanjut pada banyaknya film yang dia tulis termasuk The Puppet Masters (1994) yang dibintangi oleh aktor Kanada Donald Sutherland dan Keith David, the Mask of Zorro (1998) yang dibintangi oleh Antonio Banderas, franchise Shrek, National Treasure: Book of Secrets yang dibintangi oleh Nicholas Cage, dan Pirates of The Caribbean. 

Dengan gaji antara US$750.000 atau setara dengan Rp11,2 miliar hingga US$3 juta atau Rp44,9 miliar per film, Rossio sekarang memiliki kekayaan bersih US$20 juta yang setara dengan Rp299,8 miliar

9. Shane Black

Saat ini, jelas bahwa sebagian besar penulis skenario juga secara bersamaan cocok dengan peran sutradara dan produser film. Shane Black juga menjalankan semua fungsi ini . Lahir di Pittsburgh, Pennsylvania, pada bulan Desember 1961, Black telah menulis komik, cerita pendek, dan jurnalisme selama yang dia ingat. 

Black kemudian mendapat peran dalam film aksi fiksi ilmiah, Predator, bersama Arnold Schwarzenegger. Film box office berikutnya adalah The Last Boy Scout yang dibintangi oleh Bruce Willis dan Damon Wayans, yang menghasilkan US$1,75 juta atau setara dengan Rp26,2 miliar. 

Dia kemudian menerima US$4 juta atau setara dengan Rp59,9 miliar untuk menulis The Long Kiss Goodnight , dibintangi aksi Samuel L. Jackson dan Geena Davis. Hingga saat ini, Shane Black memiliki kekayaan bersih sebesar US$16 juta atau seyara dengan Rp239,9 miliar. 

10. Jane Goldman

Jane Goldman menjadi wanita satu-satunya yang masuk ke dalam penulis skenario termahal dengan harta kekayaan mencapai US$7 juta atau setara dengan Rp104,9 miliar. Jane lahir dari keluarga kelas menengah di Inggris utara dan pada usia sembilan belas tahun, menjadi penulis lepas yang menulis untuk majalah dan surat kabar seperti Cosmopolitan, The Times, Evening Standard, Game Zone, dan Sega Zone. 

Bersama produser dan sutradara Matthew Vaughn, dia menulis skenario untuk Stardust pada 2007, dibintangi oleh Claire Danes dan Charlie Cox. Proyek-proyeknya yang paling berpengaruh termasuk Kick-Ass , X-Men: First Class.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro