8 Manfaat Air Putih yang Tidak Boleh Disepelekan (pexels)
Health

Simak 8 Manfaat Air Putih bagi Tubuh yang Tidak Boleh Disepelekan

Nuraini
Kamis, 2 Februari 2023 - 21:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manfaat air putih sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Bahkan, kita disarankan minum air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap hari.

Sedangkan pada ibu hamil, konsumsi air putih dianjurkan lebih banyak yakni sekitar 2,5 liter setiap harinya. Lalu, apa saja fungsi air putih untuk tubuh? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Air putih untuk Kesehatan

Berdasarkan keterangan di Healthline, RSUD Bali Mandara, dan beberapa sumber lainnya berikut beberapa manfaat minum air putih secara rutin.  

1. Memaksimalkan kerja fisik

Saat tubuh kekurangan air, maka kerja fisik akan menurun sehingga Anda bisa merasa lelah, kehilangan motivasi, dan menimbulkan perubahan suhu tubuh. Kondisi tersebut bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan air putih.

2. Mengurangi stres oksidatif

Manfaat minum air putih berikutnya yaitu bisa mengurangi stres oksidatif. Hal tersebut dikarenakan otak tersusun dari 80% air. Konsumsi air dalam jumlah cukup saat Anda sedang berolahraga, akan membuat tubuh menjadi lebih prima.

3. Mengobati sakit kepala

Manfaat air bagi manusia juga diketahui bisa mengobati serta mencegah sakit kepala. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sakit kepala merupakan salah satu gejala dehidrasi. Maka dari itu, mencukupi kebutuhan air minum dapat menghindari risiko sakit kepala. Meskipun demikian, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

4. Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan kondisi gangguan pada saluran pencernaan. Biasanya, ditandai dengan sulit buah air besar.

Salah satu manfaat banyak minum air putih bisa meringankan sembelit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan air putih berupa magnesium dan sodium bisa meningkatkan frekuensi buang air besar pada seseorang yang mengalami konstipasi.

5. Mencegah batu ginjal

Asupan cairan yang tinggi bisa meningkatkan volume urin yang melalui ginjal. Kondisi tersebut dapat membantu mengencerkan mineral, sehingga risiko batu ginjal bisa dicegah. Minum air putih juga bisa mencegah pembentukan awal batu ginjal. Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut.

6. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat air putih untuk diet diketahui bisa membantu menguraikan lemak dalam tubuh. Minum air putih hangat juga diketahui bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mempercepat penurunan berat badan.

7. Menunjang perkembangan bayi

Dalam American Pregnancy Association menyebutkan bahwa salah satu manfaat air putih untuk ibu hamil bisa menunjang perkembangan bayi dalam kandungan. Air putih bisa membantu pembentukan plasenta supaya bayi bisa mendapatkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil.

8. Membuat kulit lebih terhidrasi

Sebuah penelitian dalam Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology menyebutkan bahwa manfaat air putih untuk kecantikan yaitu bisa menghidrasi kulit. Dengan demikian, penampilan kulit menjadi lebih sehat dan menarik.

Efek Samping Jika Terlalu Banyak Minum Air Putih

Meskipun memiliki banyak manfaat, jumlah air putih yang dikonsumsi ternyata perlu diperhatikan. Pasalnya, terdapat efek samping jika terlalu banyak minum air putih. Berikut penjelasannya.

1. Perubahan warna urine

Konsumsi air yang terlalu banyak ternyata bisa menyebabkan perubahan warna urine menjadi bening atau jernih.

2. Menjadi sering buang air kecil

Seseorang yang terlalu sering minum air putih diketahui akan lebih sering buang air kecil sekitar 6 sampai 8 kali sehari.

3. Merasa mual dan muntah

Saat Anda mengkonsumsi terlalu banyak air dan ginjal tidak bisa membuat kelebihan cairan tersebut, maka Anda dapat merasakan gejala seperti mual, muntah, hingga diare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro