Ilustrasi seledri/istimewa
Health

Ini 7 Manfaat Daun Seledri Bagi Tubuh, Bisa Cegah Kanker

Elsa Hayati Sukma 
Jumat, 17 Februari 2023 - 14:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seledri merupakan salah satu sayuran bergizi kaya akan nutrisi yang dikenal karena rendah kalori dan kandungan air yang tinggi. Seledri  (Apium graveolens L) merupakan jenis tanaman yang memiliki kandungan senyawa fenolik dan antioksidan. 

Seledri adalah salah satu tanaman rawa yang kaya akan nutrisi yang mengandung hampir 95 persen air dengan vitamin, mineral dan serat yang baik. Tidak hanya itu seledri merupakan sumber vitamin  K,  vitamin A, Vitamin C, folat, kalium dan kalsium yang baik. Seledri ini juga mengandung kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid yang bermanfaat. 

Seledri dapat dikonsumsi dengan cara langsung, jus, maupun direbus. Selain mengurangi risiko kanker ternyata manfaat air rebusan daun seledri dipercaya dapat membersihkan ginjal.

Ini manfaat mengonsumsi seledri bagi kesehatan tubuh:

1. Mengurangi risiko kanker 

Seledri kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker. Hal ini mengandung dua senyawa anti-kanker yang kuat apigenin dan luteolin yang dapat menghancurkan radikal bebas dan meningkatkan kematian sel kanker.

Seledri mempunyai manfaat untuk melindungi seseorang dari kanker pankreas dan payudara karena seledri memiliki polyacetylenes bioaktif yaitu senyawa yang berpotensi mencegah pembelahan sel. 

2. Menurunkan tekanan darah 

Seledri mengandung fitokimia dalam jumlah yang dikenal sebagai phthalates. Senyawa ini melemaskan otot-otot arteri dan meningkatkan aliran darah 

3. Meningkatkan kesehatan sel saraf dan mencegah kehilangan memori 

Seledri mengandung pigmen yang sangat baik untuk pertumbuhan sel dan perkembangan sarah. Apigenin juga berkontribusi pada kesehatan neuron. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro