Ilustrasi menu makanan sehat. Dok. Freepik.
Health

10 Jenis Makanan yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Lukman Nur Hakim
Sabtu, 18 Februari 2023 - 16:34
Bagikan

6. Beras Merah

Beras merah adalah komponen makanan serbaguna yang mudah disiapkan. Penelitian menyatakan serat tidak larut dalam beras merah dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Pola makan Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) dikembangkan secara khusus untuk membantu individu mengatur tekanan darah mereka dan menyarankan 6 sampai 8 porsi biji-bijian utuh per hari, termasuk beras merah.

7. Selai Kacang

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber lemak tak jenuh, yang dianggap sebagai lemak bermanfaat, salah satunya selai kacang. Lemak ini dapat meningkatkan kolesterol dan meredakan peradangan, dan sebagian besar ditemukan dalam makanan nabati.

Bagi yang kurang menyukai selai kacang , dapat mengkombinasikan dengan pisang untuk menambahkan potasium atau roti gandum untuk meningkatkan serat.

8. Brokoli

Sayuran seperti brokoli juga bisa menurunkan tekanan darah. Satu studi mencatat senyawa yang ditemukan dalam sayuran silangan mampu melindungi dari kenaikan tekanan darah pada tikus hipertensi spontan.

Sebagai sayuran umum yang bisa dimasukkan ke dalam salad dan lauk pauk, brokoli adalah sayuran lain yang memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah.

9. Almond

Kacang memang menjadi makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah, Almond juga bisa dimasukkan ke dalam kacang tersebut.

Penelitian menunjukkan almond mungkin memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah, dan juga dianjurkan sebagai bagian dari diet DASH. Almond mengandung sekitar 160 kalori per ons, menjadikannya camilan berkalori lebih tinggi.

10. Nanas

Nanas juga merupakan buah yang memiliki sumber potasium besar. Dada ayam dan tenderloin babi yang dimasak dengan nanas menghasilkan makanan kaya protein dan potasium untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro