Ilustrasi sakit kepala akibat gejala pendarahan otak
Health

Ini 12 Makanan untuk Kesehatan Otak dan Daya Ingat yang Lebih Baik

Sabina Arla Yogandini
Minggu, 12 Maret 2023 - 00:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang memerlukan energi untuk berpikir. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata otak menyumbang sekitar 20 persen dari kalori yang kita bakar setiap hari.

Dilansir dari Cnet.com, otak membutuhkan makanan sehat agar otak juga tetap sehat. Sayuran hijau dan kacang-kacangan menjadi makanan baik bagi otak.

Simak 12 makanan terbaik untuk kesehatan otak:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat baik untuk Anda, khususnya bagi perkembangan otak. Seperti misalnya bayam, sawi, dan kangkung. Sayuran seperti ini kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kemampuan otak seperti beta-karoten, asam folat, lutein, dan vitamin K.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dikenal sebagai sumber protein dan lemak sehat. Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan makanan yang baik untuk otak. Kacang ini kaya akan asam lemak omega-3 dan antioksidan sehingga sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan mental.

Sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi 15 hingga 30 gram kacang-kacangan per hari cenderung memiliki skor kognitif yang lebih tinggi daripada mereka yang makan lebih sedikit.

3. Kopi dan teh

Ternyata minuman berkafein ini lebih dari sekadar penyemangat Anda di pagi hari. Para peneliti telah menemukan fakta bahwa kafein dapat meningkatkan kapasitas pemrosesan informasi otak, begitu pula dengan kopi yang mengandung banyak antioksidan kuat yang dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Asupan harian yang direkomendasikan adalah 400 miligram (maks) kafein per hari atau sekitar empat cangkir kopi atau teh hitam.  Pada umumnya tergolong aman bagi sebagian besar orang dewasa.

4. Tomat

Tomat adalah salah satu makanan bergizi baik untuk kesehatan otak karena kandungan likopen yang tinggi. Karotenoid yang kuat ini telah terbukti membantu mencegah gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi 9 hingga 21 miligram likopen per hari dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan otak.

5. Biji-bijian utuh

Beberapa biji-bijian kaya akan vitamin E. Antioksidan penting dalam membantu mengurangi serangan radikal bebas dan mencegah kerusakan saraf.

Asupan harian yang direkomendasikan, yaitu setidaknya tiga porsi biji-bijian per hari dengan total minimal 48 gram.

6. Brokoli

Brokoli juga sama pentingnya untuk menjaga kesehatan otak. Sayuran tersebut mengandung glukosinolat yang termasuk dalam dosis tinggi. Apabila dikombinasikan dengan air, kandungan ini akan menghasilkan isothiocyanates, sebuah metabolit kuat yang dikenal memiliki sifat pelindung saraf. 

United States Department of Agriculture (USDA) merekomendasikan agar orang dewasa dapat mengonsumsi 1,5 hingga 2,5 gram sayuran silangan per minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro