Ilustrasi sakit kepala akibat gejala pendarahan otak
Health

Ini 12 Makanan untuk Kesehatan Otak dan Daya Ingat yang Lebih Baik

Sabina Arla Yogandini
Minggu, 12 Maret 2023 - 00:48
Bagikan

7. Salmon dan tuna

Dalam kesehariannya Anda mungkin saja telah membiasakan diri untuk menghindari makanan yang mengandung lemak, tetapi berbeda dengan ikan yang justru dalam hal ini lemak adalah hal yang baik. 

Ikan seperti salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 dan dikaitkan dengan banyak hasil kesehatan yang positif, termasuk untuk otak. Secara khusus, lemak sehat ini berkaitan dengan penurunan kadar beta-amiloid dalam darah. Kandungan protein yang merusak ini membentuk gumpalan di otak yang sering menyebabkan penyakit Alzheimer.

Asupan harian yang direkomendasikan, yaitu dengan setidaknya mengonsumsi dua porsi ikan rendah merkuri seperti salmon dan tuna setiap minggu.

8. Buah beri

Buah beri adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan otak karena mengandung flavonoid yang membantu dalam meningkatkan fungsi otak, terutama dalam hal daya ingat.

Asupan harian yang direkomendasikan adalah dengan memakan setidaknya dua porsi buah beri per minggu karena telah terbukti memperlambat penurunan daya ingat hingga dua setengah tahun lamanya. 

9. Dark chocolate

Dark chocolate kaya akan antioksidan, flavonoid, dan kafein. Hal itu membuat dark chocolate sebagai salah satu makanan yang menyehatkan otak yang bisa Anda konsumsi. 

Asupan harian yang direkomendasikan adalah dengan mengonsumsi dark chocolate sebanyak 30 hingga 60 gram beberapa kali seminggu karena dengan begitu dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Sebagai informasi tambahan, pastikan cokelat tersebut setidaknya 70 persen dark untuk mendapatkan manfaat maksimal dan batasi kalori dari gula. 

10. Biji-bijian 

Biji-bijian memang memiliki bentuk yang kecil, tetapi mengandung nutrisi yang sama banyaknya dengan kacang-kacangan. Seperti misalnya dengan biji bunga matahari yang kaya akan vitamin E. 

Tak hanya itu, Biji labu juga merupakan sumber antioksidan yang kuat dan mineral penting seperti tembaga, zat besi, magnesium, dan seng. Keduanya dapat membantu melindungi dari penurunan kognitif atau gangguan otak, termasuk penyakit Alzheimer, depresi, dan bahkan epilepsi.

Untuk asupan harian yang disarankan adalah dengan mengonsumsi 1/8 hingga 1/4 cangkir biji-bijian, tiga atau empat kali seminggu.

11. Telur

Tak hanya baik untuk asupan protein di pagi hari saja,  telur juga kaya akan beberapa vitamin B yang penting, termasuk B6, B12 dan B9 (asam folat). Penelitian menunjukkan bahwa vitamin-vitamin tersebut dapat membantu mencegah penyusutan otak dan mencegah terjadinya penurunan mental pada orang dewasa yang lebih tua.

Asupan harian yang direkomendasikan bagi kebanyakan orang dewasa, yaitu dengan mengonsumsi satu butir telur sehari adalah target yang baik bagi Anda.

12. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang berkaitan dengan berbagai hasil positifnya yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Kunyit sendiri dapat melindungi dari Alzheimer sampai mendukung pertumbuhan sel otak.

Namun, penting bagi Anda untuk berbicara terlebih dahulu dengan dokter terkait apakah suplemen kurkumin merupakan pilihan yang baik untuk Anda atau tidak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro